Cara ScreenShot Di PC Atau Laptop

Blog Mas Dory - Cara screenshot atau screen capture di pc dan laptop dilengkapi dengan panduan gambar. Informasi ini juga sangat cocok diterapkan buat siapa saja, bahkan untuk pemula yang masih awam dengan pc atau Laptop yang ingin melakukan ScreenShot [Screen Capture] di pc atau komputer dan Laptop.

Sebelum saya mulai berbagi informasi tentang cara paling mudah untuk menggunakan screen shot di pc maupun laptop, ijinkan saya untuk mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besar nya kepada semua sahabat saya, khususnya sahabat blogger yang selama ini tetap sudi berkunjung dan berkomentar di blog sederhana ini. Sudah Lebih dari 6 bulan saya tidak membuat artikel di Blog Mas Dory. Selama itu juga saya tidak pernah berkunjung dan berkomentar balik di hampir semua situs dan blog milik sahabat blogger tersebut.

Saya menyadari bahwa sahabat blogger juga mempunyai kesibukan masing-masing di dunia nyata, namun ditengah-tengah kesibukan tersebut, banyak dari sahabat yang masih tetap bisa aktif berkarya dan menghasilkan informasi yang berguna bagi pembaca di website atau blognya masing-masing. Hal inilah yang belum bisa saya tiru sepenuhnya, dan saya masih harus banyak belajar kepada teman-teman semua. Sedikit kata belum mampu menggambarkan apa yang ada di hati saya, dan saya harap teman-teman blogger memahami betapa saya sangat menghargai apa yang telah sahabat lakukan untuk kemajuan negeri tercinta ini, terlebih lagi untuk kemajuan Blog Mas Dory ini.

Sebelum masuk ke topik bahasan tentang bagaimana cara screenshot tampilan image (gambar) di pc dan dilaptop, ada baiknya saya jelaskan secara garis besar isi dari tulisan artikel ini. Untuk mengambil screenshot, saya menggunakan 3 cara yang saya ketahui benar-benar work 100% bisa screenshot gambar desktop lewat laptop dan pc. 3 Cara screenshot ini dilakukan hanya dengan menggunakan 2 program file bawaan windows, yaitu Paint dan Snipping Tool. Jadi kita tidak perlu install dan download software apapun untuk mengambil screenshot di pc ataupun laptop kita. O iya, Dalam melakukan ini semua, saya menggunakan windows7 dengan laptop toshiba milik saya. Namun ini semua juga bisa dilakukan di pc dan laptop lainnya seperti Acer, Asus, Lenovo, dll.

Cara screenShot di pc, cara screenshot, cara screenshot pc, cara mengambil screenshot, cara screenshot di notebook, cara membuat screenshot, cara screenshot pada pc, cara buat screenshot, cara screenshot desktop, cara menggunakan screenshot, cara melakukan screenshot, cara untuk screenshot, cara screenshot dilaptop, cara screenshot computer, bagaimana cara screenshot,Screen Capture Gambar Image Tampilan Desktop Dengan Menggunakan Tombol PRTSC [Print Screen] Di Laptop Blog Mas Dory
Gb 1. Contoh Gambar Hasil ScreenShot Tampilan Layar Desktop di Laptop.

3 Cara membuat screenShot di pc dan laptop tanpa download software apapun


Seperti yang sudah sedikit saya singgung diatas, saya menggunakan 3 cara dan 2 program file bawaan windows sebagai cara screen capture laptop. Sekali lagi, anda tidak perlu download aplikasi screen capture apapun untuk membuat screenshot layar laptop dan pc.

Berikut ini 3 cara screen capture pc dan di laptop:
1. Dengan Menggunakan Tombol KeyBoard PRTSC [Print Screen].
2. Dengan Menggunakan Tombol KeyBoard ALT [Alternate] + PRTSC [Print Screen].
3. Dengan Menggunakan Program File "Snipping Tool".

Ada sedikit perbedaan tentang letak dan posisi tombol PRTSC dan tombol ALT di keyboard laptop dengan keyboard pc [komputer], hal ini disebabkan karena keyboard laptop di design sedemikian rupa mengikuti ukuran panjang layar monitor laptop tersebut, demikian juga dengan notebook. Berbeda dengan keyboard komputer yang di desain terpisah dari layar monitor. Sedikit tips dari saya buat anda yang menggunakan pc atau komputer, silahkan cari tombol PRTSC di sebelah kanan atas keyboard pc anda, dan tombol ALT di sekitar tombol Space [Spasi].

Sedangkan bagi anda yang menggunakan laptop, letak dan posisi tombol keyboard PRTSC [Print Screen] dan tombol keyboard ALT [Alternate] bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Tampilan Keyboard Laptop, Posisi Tombol PRTSC [Print Screen] di sebelah kanan atas dan Tombol ALT [Alternate] di bagian bawah dekat tombol spasi di Keyboard Laptop Blog Mas Dory
Gb 2. Letak dan Posisi Tombol PRTSC [Kanan Atas] dan Tombol ALT [Bagian Bawah] di Keyboard Laptop.

1. Cara Screenshot atau screen capture di pc dan laptop menggunakan tombol "PRTSC" dan program aplikasi file "Paint".


Berikut ini langkah-langkah mengambil screenshot dipc dan laptop menggunakan tombol keyboard "PRTSC" dan program file dari windows yang bernama "Paint":

1.1. Di posisi Desktop pc atau laptop anda, silahkan Buka "Computer", atau "Recycle Bin", atau biarkan tampilan desktop apa adanya tanpa membuka aplikasi apapun. Sebagai Contoh saya akan buka "Computer" di laptop saya. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini.

Panduan Gambar Langkah 1.1. Cara screenshot di pc dan laptop menggunakan tombol PRTSC dan programs Paint Blog Mas Dory
Gb 3. Panduan Gambar Langkah 1.1. Cara screenshot di pc dan laptop menggunakan tombol PRTSC dan Paint.

1.2. Tekan Tombol PRTSC. Dengan menekan tombol PRTSC, kita sudah mengambil screenshot tampilan layar Desktop laptop atau pc. Langkah berikutnya adalah membuka gambar hasil screenshot tadi dengan Aplikasi Windows bernama Paint.

1.3. Buka Aplikasi Windows Paint Start >> Accessories >> Paint. Cara lain untuk membuka Paint dengan Tekan tombol Start di pojok kiri desktop, Ketik kata "Paint" pada kotak pencarian, dan klik Aplikasi "Paint" dibawah Programs pada hasil pencarian. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Panduan Gambar Langkah 1.3. Cara screenshot di pc dan laptop menggunakan tombol PRTSC dan programs Paint Mencari Aplikasi Paint dari Desktop Blog Mas Dory
Gb 4. Panduan Gambar Mencari Program File Paint di Komputer [pc] dan Laptop.

1.4. Jika anda benar, maka saat ini anda sudah membuka aplikasi Paint. Klik "Paste" di sebelah kiri atas atau tekan CTRL + V di aplikasi Paint tersebut untuk menampilkan gambar screenshot. jika anda masih bingung, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Panduan Gambar Langkah 1.4. Cara screenshot di pc dan laptop menggunakan tombol PRTSC dan programs Paint klik paste di sebelah kiri atas atau CTRL + V untuk menampilkan gambar screenshot di Paint Blog Mas Dory
Gb 5. Panduan Gambar Langkah 1.4. Klik Paste atau CTRL + V untuk menampilkan gambar hasil screenshot di Paint.

1.5. Jika Paste pada langkah 1.4. berhasil, seharusnya sudah tampil gambar hasil screenshot yang kita ambil dengan menekan tombol PRTSC di aplikasi windows Paint. Kurang lebihnya, tampilan gambar screenshot di Paint akan seperti gambar di bawah ini.

Panduan Gambar Langkah 1.5. Cara screenshot di pc dan laptop menggunakan tombol PRTSC dan programs Paint Tampilan gambar di Paint setelah menekan tombol CTRL + V atau Paste Blog Mas Dory
Gb 6. Panduan Gambar Langkah 1.5. Tampilan gambar di Paint setelah menekan tombol paste atau CTRL + V.

1.6. Save as hasil screenshot atau capture screen Paint di laptop tadi dengan menekan tombol CTRL + S. Selanjutnya beri nama file gambar screenshot kemudian simpan gambar screenshot tersebut di folder manapun yang anda kehendaki. Bagaimana, sangat mudah kan cara capture screen di pc dan laptop ini. Berikut ini gambar screen capture di laptop yang saya lakukan dengan menggunakan tombol PRTSC dan Aplikasi Windows Paint.

Hasil ScreenShot di PC dan Laptop Dengan Menggunakan Tombol PRTSC dan Aplikasi Windows Paint Blog Mas Dory
Gb 7. Hasil ScreenShot di PC atau Laptop Menggunakan Tombol PRTSC dan Aplikasi Windows "Paint".

Selamat, Anda sudah berhasil menggunakan tombol keyboard PRTSC dan Aplikasi Windows Paint untuk membuat screenshot di PC atau Laptop. Perlu diketahui bahwa Paint merupakan aplikasi screen capture dari windows yang memiliki banyak fungsi. Diantara fungsi Aplikasi Paint Windows lainnya adalah: menggabungkan 2 gambar atau lebih dengan fitur paste from, cut, copy, crop rectangle dan crop free form suatu gambar, resize ukuran gambar [lebar dan panjang gambar (dalam satuan pixle-px)] , menambahkan text suatu gambar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Teruslah bereksperimen di Paint untuk menemukan performa terbaik gambar hasil screenshot di pc dan laptop anda. Atau tunggu artikel saya berikutnya tentang berbagai fitur dan fungsi Aplikasi Paint Windows - Coming Soon.

Cara screen capture di laptop berikutnya adalah dengan menggunakan tombol keyboard ALT + PRTSC laptop atau pc dan masih menggunakan aplikasi screen capture pc dan laptop dari windows, Paint.

2. Cara Mengambil ScreenShot dari PC Dan Laptop Dengan Menggunakan Tombol Keyboard ALT + PRTSC dan Aplikasi Paint Windows.


Cara membuat screen capture di komputer dan laptop berikutnya adalah dengan menggunakan tombol keyboard laptop/pc ALT + PRTSC dan Aplikasi screen capture untuk laptop dan pc, Paint dari windows. Jika cara pertama di atas berguna untuk membuat screenshot dekstop dan aplikasi yang terbuka di pc/laptop, maka cara kedua ini hanya untuk mengambil screenshot aplikasi yang terbuka saja [tanpa tampilan desktop di background nya].

Memang, programs Aplikasi Paint dari windows menyediakan fitur crop [rectangle dan free form] di dalamnya yang berfungsi untuk mengambil bagian gambar yang perlu saja dari keseluruhan gambar yang dibuka di Paint, namun melakukan crop di Paint bisa menimbulkan kesulitan tersendiri bagi yang masih awam menggunakan pc atau laptop. Untuk itulah kita akan menggunakan tombol ALT + PRTSC sebagai cara untuk menangkap gambar aplikasi tadi, sedangkan aplikasi paint dipakai sebagai media menampilkan hasil capture tadi.

Berikut ini adalah cara screenshot aplikasi di laptop dan pc dengan menggunakan tombol keyboard ALT + PRTSC dan Aplikasi Paint dari Windows.

2.1. Di Desktop pc atau laptop anda, silahkan buka program atau aplikasi apa saja, Computer, Recycle Bin, dll. Dalam contoh ini saya buka "Computer". Usahakan tampilan layar aplikasi atau program tersebut tidak dalam kondisi fullscreen agar sebagian tampilan desktop masih terlihat. Untuk lebih jelas, silahkan Lihat gambar di bawah ini.

ScreenShot tampilan Desktop dan Aplikasi yang terbuka di PC dan Laptop Blog Mas Dory
Gb 8. ScreenShot Tampilan Gambar Desktop di PC atau Laptop.

2.2. Tekan Tombol ALT + PRTSC. Dengan menekan tombol ALT dan PRTSC secara bersamaan, kita sudah mengambil screenshot tampilan layar Desktop laptop atau pc. Langkah berikutnya adalah membuka gambar hasil screenshot tadi dengan Paint.

2.3. Buka Aplikasi Windows Paint nya tetap sama dengan langkah 1.3. di atas, yaitu Start >> Accessories >> Paint. Cara alternatif lain untuk membuka Paint dengan Tekan tombol Start di pojok kiri desktop, Ketik kata "Paint" pada kotak pencarian, dan klik Aplikasi "Paint" dibawah Programs pada hasil pencarian. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dari langkah 1.3. di bawah ini.

Panduan Gambar Langkah 2.3. Cara screenshot di pc dan laptop menggunakan tombol ALT + PRTSC dan programs Paint Mencari Aplikasi Paint dari Desktop Blog Mas Dory
Gb 9. Panduan Gambar Mencari Program File Paint di Komputer [pc] dan Laptop.

2.4. Setelah Aplikasi Paint terbuka. Klik "Paste" di sebelah kiri atas atau tekan CTRL + V di aplikasi Paint tersebut untuk menampilkan gambar screenshot. Lihat gambar 1.4 dibawah ini.

Panduan Gambar Langkah 2.4. Cara screenshot di pc dan laptop menggunakan tombol ALT + PRTSC dan programs Paint klik paste di sebelah kiri atas atau CTRL + V untuk menampilkan gambar screenshot di Paint Blog Mas Dory
Gb 10. Panduan Gambar Langkah 2.4. Klik Paste atau CTRL + V untuk menampilkan gambar hasil screenshot di Paint.

2.5. Setelah di klik "Paste" atau "CTRL + V" di Paint, maka hasil screen shot nya hanya menampilkan gambar aplikasi yang terbuka saja, bukan keseluruhan tampilan Desktop pc atau laptop. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

Panduan Gambar Langkah 2.5. Cara screenshot di pc dan laptop menggunakan tombol ALT + PRTSC dan programs Paint hasil klik paste atau CTRL + V di Paint Blog Mas Dory
Gb 11. Panduan Gambar Langkah 2.5. Hasil Klik Paste atau CTRL + V Paint.

2.6. Simpan file gambar hasil screenshot atau capture screen Paint di laptop tadi dengan menekan tombol CTRL + S. Selanjutnya save di folder manapun yang anda kehendaki. Di bawah ini gambar Screenshot di laptop yang saya lakukan dengan menggunakan cara ALT + PRTSC dan Aplikasi Paint.

Hasil ScreenShot Gambar Tampilan Aplikasi Yang Terbuka Dengan Cara Menekan Tombol ALT [Alternate] + PRTSC [Print Screen] dan Aplikasi Paint di Komputer pc dan Laptop
Gb 12. Hasil ScreenShot Hanya menangkap Aplikasi Yang Terbuka saja Dengan Menggunakan Cara Menekan Tombol ALT [Alternate] + PRTSC [Print Screen] dan Aplikasi Paint Windows.

Cara screenshot di pc dan laptop berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi windows lainnya bernama "Snipping Tool".

3. Cara Screenshot di Laptop dan pc menggunakan Aplikasi Windows "Snipping Tool".


Snipping Tool adalah salah satu Aplikasi Windows kesukaan saya ketika hendak membuat screenshot lewat laptop dan pc. Karena dari Snipping Tool, kita bisa bebas berkreasi membuat gambar screenshot lewat fitur yang bernama "Free-form Snip" nya. Setidaknya ada 4 fitur Snipping Tool yang bisa kita gunakan untuk mengambil screan shot di laptop atau pc kita.

ScreenShot Aplikasi Snipping Tool Windows7 di Komputer [pc] dan Laptop Blog Mas Dory
Gb 13. Snipping Tool di Windows 7.

Berikut ini adalah 4 fitur Snipping Tool yang bisa digunakan untuk membuat screenshot di pc dan laptop.

4 Pilihan ScreenShot di Snipping Tool. 1. Free-form Snip, 2. Rectangular Snip, 3. Window Snip, 4. Full-screen Snip. Blog Mas Dory
Gb 14. 4 Pilihan ScreenShot di Aplikasi Snipping Tool.

3.1. Free-form Snip: Fitur yang memberikan kebebasan kepada pengguna dalam membuat gambar screenshot. Cara Menggunakan fitur ini: Start > Accessories > Snipping Tool > Free-form Snip. Ketika Free-form Snip sudah di pilih, silahkan tahan klik kiri mouse dan drag mouse sesuai dengan keinginan anda. Jika di rasa sudah jadi, silahkan lepas klik kiri. Simpan gambar hasil drag klik kiri tadi dengan menekan CTRL + S, beri nama file dan simpan di Folder manapun yang anda inginkan di laptop atau pc.

Berikut ini adalah screenshot yang saya buat menggunakan fitur Free-form Snip dalam Aplikasi Snipping Tool bawaan Windows.

ScreenShot Menggunakan Aplikasi Snipping Tool Jenis Free-form Snip - Gambar Pot dengan Bunga Blog Mas Dory
Gb 15. Pot, Bunga dan daun. Hasil ScreenShot Menggunakan Aplikasi Snipping Tool Jenis Free-form Snip.

3.2. Rectangular Snip: Fitur Snipping Tool yang disediakan untuk mengambil (crop) gambar dalam bentuk persegi (Rectangle). Cara menggunakan fitur ini: Start > Accessories > Snipping Tool > Rectangular Snip. Ketika Rectangular Snip sudah di pilih, silahkan tahan klik kiri mouse anda, drag mouse untuk crop tampilan gambar secara persegi dari desktop atau aplikasi apapun yang anda inginkan. Jika sudah, Simpan gambar dengan menekan CTRL + S, beri nama file dan simpan di folder manapun yang anda kehendaki di laptop atau pc anda.

Gambar di bawah ini adalah screenshot yang saya lakukan dengan Aplikasi Snipping Tool jenis Rectangular Snip.

ScreenShot Menggunakan Aplikasi Snipping Tool Jenis Rectangular Snip Blog Mas Dory
Gb 16. Hutan dan Air Terjun. Hasil ScreenShot Menggunakan Aplikasi Snipping Tool Jenis Rectangular Snip.

3.3. Window Snip: Fitur Snipping Tool yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan Cara 1 dan Cara 2 di atas, dimana kita bisa memilih hasil screenshot yang akan ditampilkan apakah screenshot dengan menyertakan gambar desktop dan aplikasi yang terbuka, atau hanya screenshot dengan hanya menampilkan gambar aplikasi terbuka saja.

Cara Menggunakan Fitur ini: Start > Accessories > Snipping Tool > Window Snip. Ketika Window Snip sudah dipilih, Arahkan kursor ke tempat yang anda kehendaki. Jika kursor diarahkan di atas aplikasi yang terbuka, maka hasil screenshot nya hanya Aplikasi yang terbuka itu saja tanpa backgorund desktop. Jika Cursor diarahkan di area Desktop, maka hasil screenshot akan menampilkan keseluruhan layar dalam desktop termasuk aplikasi yang terbuka. Setelah memilih area mana yang dikehendaki, Tekan CTRL + S untuk simpan gambar. Jangan lupa beri nama file gambar anda dan simpan di folder yang di inginkan dalam laptop atau pc anda.

Berikut ini gambar pilihan ketika Snipping Tool jenis "Window Snip" sudah terbuka.

Pilihan ScreenShot Menggunakan Aplikasi Snipping Tool Jenis Window Snip Blog Mas Dory
Gb 17. Pilihan ScreenShot Menggunakan Aplikasi Snipping Tool Jenis Window Snip.

3.4. Full-screen Snip: Fitur Snipping Tool yang berfungsi untuk membuat screenshot keseluruhan gambar desktop pc atau laptop. Untuk menggunakan Full-screen Snip silahkan menuju Start > Accessories > Snipping Tool > Full-screen Snip. Ketika Full-screen Snip sudah dipilih, maka secara otomatis Snipping Tool akan menampilkan screenshot keseluruhan gambar desktop pc atau laptop. Jika screenshot tersebut yang di kehendaki, tekan CTRL + S untuk menyimpan file gambar. Jangan lupa untuk memberi nama file dan simpan gambar di folder manapun yang anda inginkan.

Berikut ini screenshot gambar yang saya lakukan menggunakan fitur Full-screen Snip di Snipping Tool.

Hasil ScreenShot Menggunakan Aplikasi Snipping Tool Jenis Full-screen Snip Blog Mas Dory
Gb 18. Hasil ScreenShot Menggunakan Aplikasi Snipping Tool Jenis Full-screen Snip.

Selain 4 fitur yang disediakan Aplikasi Snipping Tool diatas, anda juga bisa menggunakan fitur lainnya seperti edit, mengirimkan gambar via email, pen [Red Pen, Blue Pen, Black Pen, Custom Pen], Highlighter, Eraser, dll. Bereksperimen lah di Aplikasi Snipping Tool untuk membuat screenshot terbaik di pc atau laptop anda.

Itulah 3 cara screenshot di pc dan laptop yang bisa saya bagikan. Dan sebenarnya kita tidak perlu download aplikasi hanya untuk membuat screenshot di laptop dan pc kita. Karena semua sudah disediakan oleh windows.

Anda mempunyai cara lain screenshot atau screen capture dari pc dan laptop ?. Atau anda masih bingung dan menemui kesulitan tehadap cara-cara screenshot di laptop dan pc yang sudah saya jelaskan diatas ?. Mohon jangan ragu berbagi pengalaman atau bertanya dengan cara menambahkan komentar anda di bawah ini. Dengan senang hati saya akan bantu kesulitan yang anda hadapi sesuai dengan kemampuan yang saya miliki.
Reviewer: Mas Dory
on: 9/27/2015, Rating: 5
ItemReviewed: Cara ScreenShot Di PC Atau Laptop
Descripton: Blog Mas Dory - Cara ScreenShot di PC dan Laptop lengkap dengan panduan gambar dan menggunakan 2 aplikasi dari Windows, Paint dan Snipping Tool. Tidak perlu download aplikasi untuk screenshot.
73 komentar Form Kotak komentar
27 September, 2015 17:25 ×

Yang sering saya gunakan dalam mengambil gambar screnshoot adalah menggunakan cara yang pertama dan kedua dan biasanya saya menggunakan photoshop, untuk cara yang ketiga belumpernah saya lakukan, terima kasih mas ilmunya, akan saya coba pakai cara yang ketiga.

Balas
Author
27 September, 2015 17:56 ×

Memang kita juga bisa menggunakan Photoshop dalam membuat screenshot di pc atau laptop kita, namun kekurangnya nya adalah kita harus download dulu Software Aplikasi Photoshop. Hal ini berbeda jika kita menggunakan aplikasi Paint dan Snipping Tool, karena dua aplikasi ini adalah bawaan Windows, jadi tidak perlu lagi download aplikasi untuk membuat screenshot. :D

Silahkan dicoba cara ketiga diatas yang menggunakan Snipping Tool Mas dan terima kasih sudah berkunjung dan menambahkan komentarnya Mas. Salam kenal dan sukses selalu buat Mas Isrofi Achmad. :D

Balas
Author
27 September, 2015 18:54 ×

Kalau cara ini sudah saya tinggalin Mas kecuali kepepet. Ada aplikasi keren, namanya Skill Brain PRnT SCRN.

Balas
Author
27 September, 2015 19:15 ×

Memang cara lama mas Ridha Harwan, namun masih sangat ampuh dalam membuat screenshot. Terlebih lagi kita tidak perlu unduh aplikasi dalam membuat screenshot. Namun bagus juga tambahan aplikasi screenshot dari Mas Ridha, Skill Brain. Lumayan bisa nambah satu referensi lagi buat yang lagi ingin buat screenshot di pc dan laptop nya. :D

Balas
Author
27 September, 2015 22:04 ×

Mantap gan tutorial nya sangat lengkap. Ane biasa nya pake cara tekan Alt + prscr itu gan. Lumayan sulit juga waktu Ane masih belum bisa. Makasih banyak gan atas Share nya

Balas
Author
27 September, 2015 22:18 ×

Sebenarnya sih bukan tutorial Mas Ubed Cakep, hanya sekedar berbagi pengalaman saat membuat screenshot di pc dan laptop. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog sederhana ini, Salam kenal dan sukses selalu buat Mas Ubed Cakep. :D

Balas
Author
28 September, 2015 08:34 ×

yang saya selalu lakukan ya itu mas tobol sysRq plus paste di paint.
paling gampang menurts saya.
paling saya potong dengan microsoft picture. udah kebiasaan kaya itu

Balas
Author
28 September, 2015 08:35 ×

mantap tutornya mas lengkap

Balas
Author
28 September, 2015 20:37 ×

Iya Mang Aduls, saya sendiri juga sering menggunakan tombol PRTSC SYSRQ dan Aplikasi Paint saat membuat screenshot di laptop. Di samping mudah, hasil screenshotnya pun juga bagus dengan ukuran file yang bisa kita resize di Paint, atau bisa juga di resize di ACDsee Photo Manager. Ambil cara yang mudah-mudah saja Mang. :D

Terima kasih Mang Aduls sudah berkunjung dan berbagi pengalaman nya saat membuat screenshot di laptop / pc. :)

Balas
Author
28 September, 2015 20:39 ×

Terima kasih Mang, semoga bermanfaat buat yang lagi nyari cara screenshot ya Mang Aduls. :D

Balas
Author
28 September, 2015 22:00 ×

untuk mengambil gambar di komputer,saya biasanya menggunakan paint mas,dan belum pernah nyobain cara yg lain nih

Balas
Author
28 September, 2015 22:17 ×

Saya juga biasa pakai Paint kok Mas Yanto, Cara penggunaannya pun sangatlah mudah. Kalau di Snipping Tool malah lebih mudah lagi mas, tinggal buka aplikasi snipping tool, pilih Window Snip, screenshotnya tinggal milih apakah ingin menampilkan desktop atau hanya aplikasi yang terbuka saja Mas. :D

Balas
Author
28 September, 2015 23:02 ×

mungkin karena udah kebiasaan yamas.
nanti saya coba pake snipping tool ah

Balas
Author
28 September, 2015 23:03 ×

saya besok juga mau potong ah
potong rambut

Balas
Author
28 September, 2015 23:50 ×

Jangan di potong rambutnya Mas Yanto, Nanti kesaktiannya bisa hilang lho. :D

Balas
Author
29 September, 2015 00:09 ×

Silahkan dicoba Mas Yanto pake Snipping Tool nya, siapa tahu bisa jadi alternatif buat screenshot selain Paint. :D

Balas
Author
29 September, 2015 05:20 ×

keren mas banyak yang belum tahu nih, terutama pemula

Balas
Author
29 September, 2015 05:42 ×

triknya lengkap dan rinci, plus gambar jadi lebih mudah untuk dipahami cara screnshoot ini

Balas
Author
29 September, 2015 06:33 ×

Asik mas, tutorial untuk screenshot di PC dengan window, jadi bisa mengoptimalkan penggunaan PC atau laptop.

Balas
Author
29 September, 2015 09:23 ×

saya hanya manggut manggut dengerin obrolan dua orang diatas saya

Balas
Author
29 September, 2015 09:24 ×

mari salaman

Balas
Author
29 September, 2015 09:25 ×

untung diingetin :D

Balas
Author
29 September, 2015 09:26 ×

emang sam wong udah faham?
nanti saya test ya

Balas
Author
29 September, 2015 10:13 ×

sudah pasti manfaat banget mas. apalagi buat saya mas

Balas
Author
29 September, 2015 10:14 ×

rambutnya toh yang sakti saya kira kupluknya mas. salah bahas kayanya saya ini

Balas
Author
29 September, 2015 10:15 ×

sama2 mas dan saya makin banyak taunya setelah kesini. saya kira caraya itu aja

Balas
Author
29 September, 2015 10:15 ×

mas biasanya di tabahin kalo inget

Balas
Author
29 September, 2015 13:30 ×

Hahaha .. itu yg juga sering saya lakukan mas ketika mengambil gambar tanpa melanggar hak milik, hihii ... tinggal dikasih tambahan sendiri .... mantap deh tutorialnya.

Balas
Author
29 September, 2015 14:19 ×

Bagi yang belum tau cara ini memang susah .....tapi menurut saya gampang kok penjelasanya cukup jelas Mas...oky tankyu kang dori

Balas
Author
29 September, 2015 19:01 ×

Terkagum-kagum ngelihat Pak Guru ngetest muridnya. :D

Balas
Author
29 September, 2015 19:05 ×

Benar sekali Mas Hanibi, daripada kita ngambil gambar ber hak cipta milik orang lain, kan lebih baik kalau kita buat screenshot sendiri di pc atau laptop kita. Itu yang lebih afdhol. :D

Balas
Author
29 September, 2015 19:09 ×

Lebih baik jika membaca cara screenshot diatas sambil dipraktekin langsung. InsyaAllah langkah yang dibuat diatas berurutan. Jadi ndak bingung nantinya. Ok sama-sama Mas Trik Pos, terima kasih atas apresiasinya. :D

Balas
Author
29 September, 2015 19:14 ×

Hehe, iya Mas Indra, daripada pengalaman buat screenshot di simpan sendiri, kan lebih baik jika pengalaman tersebut dibagikan. Siapa tahu bisa membantu yang belum bisa buat screenshot gambar di pc atau laptop. :D

Balas
Author
29 September, 2015 19:17 ×

Mas Yanto nya lagi ngopi sama ngudud di teras depan Mas sambil menikmati hari depan yang lebih baik. ciiiaaah. :D

Balas
Author
29 September, 2015 19:21 ×

Iya Mas Ifrod Maksum, mudah-mudahan bisa membantu buat yang lagi cari cara screenshot pc atau laptop. :D

Ternyata, sejak dulu sampai sekarang saya tetep keren. hehe

Balas
Author
29 September, 2015 19:23 ×

Saya hanya bisa geleng-geleng lihat orang manggut-manggut tepat diatas saya.

Balas
Author
29 September, 2015 19:28 ×

Jika salaman, jangan lupa pegang amplop.

Balas
Author
29 September, 2015 19:31 ×

Kupluknya juga sakti mang, sekali kibas orang di dekatnya bisa pingsan. :D

Balas
Author
29 September, 2015 19:35 ×

Ndak kusangka, ternyata bermanfaat juga buat Mang Aduls, sudah laku berapa Mang screenshot nya. :D

Balas
Author
29 September, 2015 19:41 ×

Kalau kesini lagi jangan lupa bawa gula dan kopi ya mang. Kita ngopi bareng :D

Balas
Author
29 September, 2015 22:08 ×

cara screenshot seperti ini yang saya tanyain di grup KPK, tapi sampe sekarang ngga ada yang mau bantuin kebegoan saya dalam men srenshot, sayangnya saya teh telat dateng kesini nya, jadinya screnshot yang saya pake software light...apa gituh namanya teh.

Balas
Author
29 September, 2015 22:58 ×

hanya sekarang kita keren mas, dulu masih bayi, nanti sudah kriput. hihihi

Balas
Author
30 September, 2015 08:53 ×

Lumayan jarang buat screenshot, tapi ulasannya cukup detail dan sangat bermanfaat pastinya. Suatu saat pasti turut menjajalnya. Salam!

Balas
Author
30 September, 2015 20:08 ×

Syukurlah kalo cara screenshot di pc ini bermanfaat buat yang lagi cari. Salam kenal balik buat agan Kips di Bandung dan terima kasih sudah meluangkan waktu berkomentar di sini. :D

Balas
Author
30 September, 2015 20:10 ×

Hehehehe

Balas
Author
30 September, 2015 20:16 ×

Wah Mang Lembu malah bisa screenshot menggunakan aplikasi lightshot ya, itu mah ilmu tingkat tinggi mang dibanding cara screenshot menggunakan Paint dan Snipping Tool. Memang sudah tidak diragukan lagi kalo Mang Lembu ini jago nya pc dan laptop ya.

Perasaan saya masih mas dech Mang, sejak kapan saya berubah jadi teteh ?. :D

Balas
Author
01 October, 2015 00:59 ×

loch...bukannya kalau tengah malem gini berubah jadi teteh?
ngga usah ngeles deh...terima kenyataan ajah atuh

Balas
Author
01 October, 2015 01:00 ×

eh...sini deh...deket-deket sinih...sama saya.
mau di kecup basah nggak sama saya?...mau...yah..mau...

Balas
Author
01 October, 2015 01:02 ×

HAH...sakti...
sakti dari Hongkoong?

Balas
Author
01 October, 2015 10:04 ×

sangat membantu informasinya, kebetulan dulu saya kurang mengerti jg, dan alhamdullilah dah :) salam knal mas

Balas
Author
01 October, 2015 11:24 ×

wah sekarang bisa screen shoot di pc ya,, jadi kalo misalkan ada hal yang perlu di tunjukan tinggal screen aja

Balas
Author
01 October, 2015 19:26 ×

Ayo Mas Dory, jangan berhenti berbagi informasi gara-gara kesibukan di dunia nyata. :D
Biasa pake cara yang pertama. Cara ke-2 dan ke-3 baru tau, haha.

Balas
Author
01 October, 2015 20:04 ×

Alhamdulillah jika informasi diatas bisa membantu. Terima kasih sudah berkunjung dan menambahkan komentar nya di tidak lupa juga, salam kenal dan sukses selalu buat Mas Muhammad Mukhlis yaa. :D

Balas
Author
01 October, 2015 20:08 ×

Sejak dulu pun bisa screenshot di pc atau laptop Mbak Devina, hanya saja dulu saya masih belum tau caranya, kalau sekarang alhamdulillah Mbak sudah tau sedikit. :D

Iya Mbak, jika ingin berbagi gambar dari pc ke blog, bisa buat screenshot nya dengan ketiga cara diatas. :D

Balas
Author
01 October, 2015 20:11 ×

Hehehe terima kasih atas dukungan semangatnya Mas Renggo Starr. InsyaAllah saya usahakan tetap berbagi pengalaman dan informasi di blog sederhana ini. :D

Balas
Author
01 October, 2015 20:15 ×

Kalau saya sih mas menggunakan plugin dari firefox, untuk prt sc juga saya gunakan, namun ada gambar yang tidak tertangkap karena ukurannya seperti ingin menangkap gambar keseluruhan dari blog

Balas
Author
01 October, 2015 20:17 ×

siiip mas dory, salam sukses kembali :)

Balas
Author
01 October, 2015 20:37 ×

Saya sendiri juga sering menggunakan plugin ekstensi (addons) dari FireFox Mas Ibrahim M.Pd.I yaitu ScreenGrab (fix version) 0.98.09c buatan Oleksndr untuk menangkap gambar web, situs, atau blog manapun yang saya ingin kan dari browser.

Salah satu kelebihan ekstensi ini (Screengrab) adalah seperti yang Mas Ibrahim M.Pd.I katakan, yaitu bisa mengambil screenshot keseluruhan gambar blog yang memanjang kebawah, dan ini tidak bisa dilakukan oleh ketiga cara diatas.

Hanya saja yang saya tau ekstensi dari browser tersebut tidak bisa digunakan untuk membuat screenshot tampilan pc atau laptop kita, jadinya saya menggunakan salah satu dari 3 cara di atas untuk membuat screenshot di pc atau laptop. :D

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi pendapatnya Mas Ibrahim M.Pd.I. :D

Balas
Author
02 October, 2015 08:54 ×

Setiap tutorial butuh gambar sebagai pelengkap... Cara yang biasa saya pakai yaitu pakai cara pertama mas, Tinggal klik tombol prt sc lalu di paste ke paint... selanjutnya di olah ke photoshop :D kalau mau ambil gambar/download di website tapi terproteksi.. cara mudahnya yaitu dengan printscreen ya mas...

Balas
Author
03 October, 2015 15:15 ×

Sebenarnya cara screenshot di pc atau laptop diatas tidak hanya bisa dilakukan sahabat blogger yang ingin membuat gambar sebagai pelengkap tutorial d blog nya saja Mas Achmad Fazri, namun juga ditujukan kepada semua orang yang ingin membuat screenshot lewat pc atau laptop nya. Semua dikembalikan kepada tujuan kita masing-masing, ingin diapakan gambar hasil screenshot pc atau laptop kita. :D

Balas
Author
03 October, 2015 23:52 ×

Betul mas saya sering pratekin sesuai penjelasan2 di artikel ini ...memang hasilnya bagus kok hasil gambar sama persis saat kita mengambil nya malalui PRTSC dan aplikasi paint ia kan mas

Balas
Author
04 October, 2015 02:28 ×

Selain digunakan untuk membuat screenshot di pc atau laptop, Aplikasi Paint juga bisa memiliki banyak fungsi, seperti menggabungkan 2 gambar atau lebih menjadi 1 gambar, cut atau memotong bagian gambar yang tidak di butuhkan, crop, resize, dan add text kedalam gambar. Dan masih banyak lagi yang lainnya. :D

Terima kasih Mas Trik Pos sudah berkunjung dan menambahkan pendapatnya disini. :D

Balas
Author
06 October, 2015 07:08 ×

Bisa saya juga menggunakan paint atau dengan picture manager. Kalau buat paint format dasar png dan kalau picture manager memang bmp. Tapi buat snipping tool, saya belum mencobanya.

Sangat bermanfaat sekali tutorialnya dijelaskan secara bertahap jelas yang belum terbiasa akan bisa juga akhirnya.

Balas
Author
06 October, 2015 09:32 ×

Iya Mas, saya lebih suka skillbrain. Cara ini saya pakai kalau komputernya gak keinstal skill brain. Program ringan loh, gak sampai 10 MB.

Balas
Author
06 October, 2015 09:33 ×

Mas Toro kenapa kecup-kecup basah jeruk sama jeruk sih. wkwkwkwwkw

Balas
Author
06 October, 2015 20:29 ×

panjang juga uraiannya ya gan!

Balas
Author
07 October, 2015 06:18 ×

Light Shot itu juga salah satu aplikasi dari SkillBrain ya Mas Ridha. Saya pernah pasang LightShot, tinggal tekan PRTSC kemudian Lightshot nya langsung aktif. Tpi ya itu, saya jadi ndak bisa menggunakan aplikasi Paint dan Snipping Tool lagi, jadinya saya uninstall lightshotnya. hehehe :D

Balas
Author
08 October, 2015 22:17 ×

Iya mas, sama-sama :D

Balas
Author
10 October, 2015 05:25 ×

Screenshot ini sangat membantu sekali gan untuk bikin artikel tutorial, jadi nya mudah buat mendeskripsikan langkah langkah agar mudah dipahami oleh para pembaca ya. Kalau ngga ada gambar screeneshot, jadi abstrak artikel nya hahah

Balas
Author
18 October, 2015 11:52 ×

Sip mas, sangat membantu artikelnya.

Balas
Author
20 October, 2015 16:58 ×

gan, numpang nanya, snipping tool adanya di windows 7 keatas ya, bgm kalo mau pake snipping tool di windows xp ? software bisa didownload dimana ? terima kasih udah berbagi

Balas
Author
21 October, 2015 00:46 ×

pernah diajarin screenshot oleh kang eka persis seperti tipsdiatas, cuman anehnyalaptop saya mah nggak bisa, makanya terpaksa instal ligh..ligh...apa gituh..tuh

Balas
Author
22 March, 2016 20:17 ×

thanks gan atas informasinya

Balas
Author

Silahkan tambahkan komentar anda di bawah ini.

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih sudah berkomentar