Sumber Energi Pengganti Minyak Bumi dan Batubara

Blog Mas Dory - Informasi ini berisi tentang beberapa sumber energi alternatif paling potensial yang bisa digunakan untuk melengkapi, bahkan untuk mengganti sumber energi Migas (minyak bumi dan gas) dan non migas seperti batubara, dll. Sesuai dengan judul artikel saya diatas, informasi ini berisi tentang sumber energi alternatif apa saja yang mungkin bisa di gunakan selain dari sumber energi yang telah kita kenal dan kita gunakan tersebut. Tidak bisa dipungkiri bahwa minyak bumi, batubara, dsb sudah menjadi sumber energi yang paling banyak dipakai hampir di semua kota atau negara manapun di belahan dunia ini. Bahkan saya sendiri tidak tahu apakah ada kota atau negara yang tidak menggunakan sumber energi tak terbarukan tersebut.

Namun untuk mengambil sumber energi seperti minyak bumi, batubara diperlukan investasi dan biaya yang sangat besar di dalamnya. Yang saya lihat dari beberapa perusahaan pertambangan batubara tempat saya bekerja, membutuhkan setidaknya jutaan dollar untuk membeli 1 unit alat muat atau 1 unit angkut skala super besar, dan terdapat puluhan bahkan ratusan alat berat seperti itu di perusahaan pertambangan kelas menengah sampai kelas raksasa. Saya yakin memerlukan biaya yang sama bahkan lebih besar untuk mengambil sumber energi seperti minyak bumi dan gas alam. Saya sendiri pusing jika harus di suruh menghitung berapa investasi total yang dibutuhkan perusahaan pertambangan jika ditambah biaya membayar gaji ribuan karyawan, biaya operasional bbm alat berat, biaya perawatan alat tersebut, dan segudang biaya lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu. Pokoknya investasinya banyak banget dech.

Selain itu sumber energi yang berasal dari minyak bumi, batubara merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Memerlukan waktu yang sangat-sangat lama (jutaaan tahun) buat alam untuk menghasilkan minyak bumi dan batubara yang kita gunakan sekarang. Dengan pola konsumsi dunia terhadap minyak bumi, batubara, dan sumber energi tidak terbarukan lainnya, bisa dipastikan sumber energi ini akan habis dan tidak bisa kita gunakan lagi di kemudian hari.

Bisa jadi 200, 300, atau 400 tahun dari sekarang, anak cucu kita tidak lagi mengenal yang namanya pertambangan atau bahan galian berupa minyak bumi, batubara, dan sumber energi tak terbarukan lainnya. Itu dikarenakan kita telah mengambil dan mempergunakannya saat ini.

Lantas bagaimana dengan peralatan yang kita punya yang menggunakan sumber energi tersebut, seperti sepeda motor, mobil, truk, mesin-mesin perindustrian, mesin pabrik, alat transportasi lain seperti kereta api, sampai pesawat terbang yang sebagian besar menggunakan bahan bakar hasil dari minyak bumi dan batubara tersebut. Apakah semua benda dan peralatan tersebut tidak akan bisa kita pakai dan kita gunakan lagi di masa mendatang. Dan apakah tidak ada sumber energi alternatif lainnya yang bisa kita gunakan, yang membutuhkan biaya lebih efisien, murah, mempunyai sifat terbarukan yang artinya sumber energi tersebut bisa terus bisa kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita tanpa harus khawatir sumber energi tersebut akan habis dan lenyap dari muka bumi.

Asap yang dihasilkan dari industri yang menggunakan migas dan batubara | Blog Mas Dory

Saya menyadari bahwa saya bukan orang pintar, bahkan cenderung bodoh jika bicara tentang hal ini. Karena saya tidak bisa menciptakan peralatan yang memanfaatkan sumber energi alternatif yang terbarukan sebagai bahan bakarnya. Namun saya yakin sudah mulai banyak orang-orang pintar di berbagai negara, mulai dari negara maju sampai dengan negara tercinta Indonesia ini yang memikirkan hal ini. Bahwa kita tidak bisa terus menerus bergantung kepada sumber energi yang bisa habis dan tidak bisa dihasilkan dalam waktu cepat.

Beberapa hal dibawah ini adalah sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui dan mungkin bisa dijadikan sebagai sumber energi utama dalam kehidupan kita sampai dengan anak cucu kita nantinya.

1. Cahaya dan panas matahari sebagai sumber energi.


Dengan memanfaatkan cahaya dan panas yang dihasilkan matahari mungkin bisa menjadi sumber energi alternatif paling potensial yang bisa digunakan secara luas nantinya. Jika tumbuh-tumbuhan dan pepohonan menyerap cahaya dan panas matahari untuk kemudian diubah menjadi energi untuk tumbuh, berkembang, dan berbuah; maka manusia bisa memanfaatkan cahaya dan panas matahari ini sebagai sumber energi alternatif dengan menyerap energi panas matahari melalui solar cell untuk kemudian di ubah menjadi energi listrik yang sangat berguna buat kebutuhan sehari-hari.

Bangunan, rumah yang menggunakan panel solar cell di atapnya | Blog Mas Dory

Solar cell juga bisa dipasang di hampir seluruh bagian di bumi ini karena sebagian besar wilayah di bumi menerima sinar matahari dengan baik. Itu kenapa panas matahari yang diserap dan di konversikan menjadi energi listrik menjadikan sumber energi ini paling menjanjikan sebagai pengganti sumber energi tak terbarukan dari minyak bumi dan batubara. Minimal dengan adanya sumber energi alternatif dari panas matahari bisa mengurangi ketergantungan dunia terhadap penggunaan minyak bumi dan batubara.

2. Sumber energi alternatif dari angin.


Sumber energi alternatif paling potensial pengganti minyak bumi dan batubara berikutnya adalah angin. Hampir seluruh tempat di permukaaan bumi memiliki angin yang berhembus. Konsep nya dengan memanfaaatkan hembusan angin tersebut untuk menggerakkan kincir angin yang kemudian gerakan dari kincir angin akan dikonversikan atau diubah menjadi energi listrik.

Kincir sebagai pembangkit listrik energi angin | Blog Mas Dory

Selain sifatnya yang terbarukan, sumber energi alternatif dengan memanfaat kan angin ini bisa dibilang juga lebih ramah lingkungan, sama dengan sumber energi yang memanfaatkan panas matahari di atas. Dengan penggunaan secara massal, ada kemungkinan sumber energi alternatif dari angin ini bisa mengurangi kecenderungan kita memakai sumber energi yang berasal dari minyak bumi dan batubara yang selain tidak terbarukan, mungkin juga agak kurang ramah lingkungan. Jadi tidak ada salahnya jika dikemudian hari kita bisa lebih mengoptimalkan penggunaan energi listrik yang berasal dari angin ini.

3. Air, sumber energi alternatif yang memanfaatkan sifat air dan gravitasi bumi.


Air, yang sudah terkenal sebagai salah satu elemen sumber kehidupan dari semua makluk hidup di bumi ini, ternyata juga menyimpan sumber energi alternatif penghasil listrik yang besar. Konsepnya dengan memahami sifat air yang selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, dan juga memanfaatkan daya gravitasi bumi, maka kita bisa memanfaatkan energi yang dihasilkan air tersebut untuk memutar turbin, kincir air yang berada di bawah nya untuk bisa menghasilkan energi listrik yang kemudian bisa kita pakai dalam kehidupan kita.

Bendungan, dam, pembangkit listrik tenaga air dan gravitasi bumi | Blog Mas Dory

Walaupun tidak semua tempat di dunia ini yang memiliki tempat air berlebih, namun menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan sifat air dan gravitasi bumi ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan, khususnya buat daerah atau tempat yang memiliki cadangan air berlimpah untuk menghilangkan kebiasaan kita memakai minyak bumi dan batubara dalam menghasilkan energi.

4. Air, sumber energi alternatif dengan memanfaatkan arus bawah air tersebut.


Jika sebelumnya kita bisa menggunakan air sebagai penghasil energi listrik alternatif dengan memanfaatkan sifat air dan gravitasi bumi (perbedaan tinggi tempat air), mungkin kita juga bisa memanfaatkan energi yang terdapat dalam arus bawah air untuk memutar turbin yang kemudian bisa menghasilkan energi listrik.

Turbin, pembangkit listrik tenaga air, arus bawah air | Blog Mas Dory

Setidaknya terdapat sumber energi yang besar yang ada dalam arus bawah air, baik itu arus bawah air tawar seperti sungai, danau, dll maupun arus bawah air laut. Jika saja kita bisa memanfaatkan kekuatan arus bawah air ini untuk memutar turbin atau kincir air yang diletakkan dalam air, yang kemudian hasil pergerakan turbin tersebut digunakan untuk menghasilkan energi listrik, maka bukannya tidak mungkin jika sumber energi alternatif ini nantinya juga bisa mengganti peranan minyak bumi dan batubara.

5. Petir, sumber energi alternatif yang menyimpan jutaan Megawatt listrik didalamnya.


Sumber energi lainnya yang paling menjanjikan dan bisa kita gunakan di masa mendatang menggantikan minyak bumi dan batubara adalah petir. Konsepnya adalah dengan memahami sifat-sifat petir, mulai dari bagaimana petir bisa terjadi, di kondisi seperti apa petir itu menyambar, dll dengan begitu nantinya kita bisa menangkap, menyimpan, menstabilkan petir yang menyambar peralatan atau pembangkit listrik tenaga petir yang dibuat untuk kemudian mendistribusikan energi listrik dari petir tersebut.

Petir sumber energi alternatif | Blog Mas Dory

Suatu konsep yang sangat luar biasa jika kita bisa benar-benar bisa merealisasikan pembangkit listrik tenaga petir ini. Dan diharapkan energi listrik yang didapat dari sambaran petir juga bisa menjadi sumber energi alternatif pengganti minyak bumi dan batubara yang selama ini kita gunakan.

Sejauh yang saya tahu, dari ke lima sumber energi alternatif di atas, mungkin baru 3 yang benar-benar telah dibuat dan digunakan oleh beberapa negara di dunia ini, yaitu sumber energi yang memanfaatkan panas matahari, sumber energi yang memanfaatkan angin, dan sumber energi yang memanfaatkan sifat air dan gravitasi bumi. Sedangkan sumber energi yang bisa dihasilkan dari arus bawah air dan sumber energi yang didapat dari sambaran petir adalah khayalan saya yang bodoh ini yang sangat berharap semoga esok hari ada generasi-generasi muda cemerlang negeri ini yang benar-benar bisa mewujudkan harapan dan keinginan ini. Yaitu mengubah pola konsumtif dan ketergantungan kita terhadap minyak bumi dan batubara yang notabene adalah sumber daya alam yang tak terbarukan, dan kemudian beralih ke sumber energi yang terbarukan dan lebih ramah terhadap bumi ini.

Mungkin masih ada lagi sumber energi alternatif lain pengganti minyak bumi dan batubara ini yang tidak saya ketahui. Jika anda sedang membaca tulisan saya ini, dan kebetulan mengetahui sumber energi alternatif paling menjanjikan lainnya pengganti minyak bumi dan batubara, mohon jangan ragu-ragu untuk menambahkan komentar anda dibawah ini. Tidak peduli bahwa sumber energi tersebut masih dalam impian atau belum benar-benar terwujud di kehidupan nyata, siapa tahu harapan dan impian kita bisa diwujudkan oleh anak cucu generasi kita mendatang.
Reviewer: Mas Dory
on: 2/23/2015, Rating: 5
ItemReviewed: Sumber Energi Pengganti Minyak Bumi dan Batubara
Descripton: Blog Mas Dory - Sumber energi alternatif pengganti minyak bumi dan batubara yang berasal dari panas matahari, angin, air, dan petir.
60 komentar Form Kotak komentar
23 February, 2015 08:43 ×

Subhanallah ini yang mesti terus kita kembangkan untuk mendapatkan energy pengganti karena tidak mungkin selamanya berharap hanya pada hasil minya bumi atau batu bara. Makasih ilmunya MAS DOR....

Salam blogging dari Pulau DOllar

Balas
Author
23 February, 2015 10:23 ×

sumber energi alternatif pada bangsa kita memang diakui sendiri oleh pak menteri kurang dan belum secara serius dikelola dan dikembangkan, seperti kebiasaan dan adat manusia, tidak akan segera kebakaran jenggot jika energi yang ada belum habis hingga tuntas dan nol...nanti jika energi yang sekarang benar-benar habis, barulah akan berbondong-bondong mencari dan membangun energi alternatif seperti energi-energi pada poin diatas tersebut.
begitulah saya kang

Balas
Author
23 February, 2015 10:45 ×

banyak juga ya mas pengganti sumber energi umum seperti minyak bumi dan batubara, memang tidak di pungkiri perkembangan ilmu teknologi menyebabkan berbagai uji coba dan pengelolaan alam , sehingga muncul ide baru untuk alternatif energi pengganti minyak bumi, seperti kita tahu jaman sekarang air bisa di jadikan alternatif lain, tapi juga masih belum bs di lakukan secara menyeluruh,terimakasih sharenya mas

Balas
Author
23 February, 2015 11:07 ×

Sumber energi alternatif dan terbarukan....potensinya luar biasa di negeri kita ya, sayang belum dimanfaatkan secara tepat guna....hanya mengandalkan energi mesin saja

Balas
Author
23 February, 2015 12:57 ×

kayaknya poin nomor 1 Cahaya dan panas matahari ini yang harus dikembangkan

Balas
Author
23 February, 2015 14:04 ×

sebenarnya indonesia memang sudah harus memikirkan energi pengganti dari minyak bumi dan batu bara. mungkin lebih tepatnya memanfaatkan air dan panas matahari, karena indonesia memiliki iklim tropis yang banyak sinar mataharinya dan indonesia juga terdiri dari banyak laut yang artinya mempunyai kecukupan untuk mengelola sumber air untuk keperluan hidup orang banyak. semoga aja kedepannya banyak terobosan penggunaan air ini untuk keperluan hidup manusia, baik untuk minum, pembangkit listrik, dan untuk menjalnkan mesin industri dengan menjadikannya uap pendorong dari air tersebut. ok makasih infonya.

Balas
Author
23 February, 2015 14:57 ×

Nah yang begini-begini nih saya demen tulisannya. Kalau membahas Kepmen agak kebesaran bahasannya buat saya hehehe.
Saya baru tahu loh Mas yang sumber energi Petir itu. Berati harus mencari ladang petir dulu yah kalau mau ternak energi petir. hahahaha

Balas
Author
23 February, 2015 15:55 ×

Banyak sekali akan sumber energi ini ya mas, sayannya hal tsb belm bisa dimanfaatkan dengan baik hehehe

Balas
Author
23 February, 2015 17:29 ×

wahh ternyata sumber energi penggant minyak bumi itu ada banyak sekali yah kang semoga pengembangannya bisa cepat dirasakan oleh masyarakat luas yah :)

Balas
Author
23 February, 2015 20:44 ×

Jika terus menerus menggunakan sumber energi minyak bumi lama kelamaan akan habis juga ya mas? Maka sebagai alternatifnya kita harus bisa kreatif dalam memilih sumber energi lainnya. Ini patut dikembangkan lagi dan harus menjadi program Pemerintah.

Balas
Author
23 February, 2015 22:32 ×

sebenarnya ada banyak potensi sumber energi sebagai pengganti minyak bumi dan batu bara yamas,tp belum semuanya dimaksimalkan.

saat ini masih air dan matahari yang sekarang sudah banyak digunakan

Balas
Author
24 February, 2015 02:12 ×

sumber energi terbarukan harus segera dibangun dan dikelola bukan hanya untuk cadangan,tapi untuk segera dimanfaatkan supaya kelak ngga kelabakan jika tiba-tiba energi fosil tiba-tiba habis.

Balas
Author
24 February, 2015 02:13 ×

hiyah setuju...belirnya cuma pake doa dan bersyukurlah selalu kepada-Nya.

Balas
Author
24 February, 2015 03:55 ×

Iya Mas Abu Zaini, sudah seharusnya kita pikirkan sumber energi pengganti minyak bumi dan batubara yang selama ini kita gunakan. Karena sumber energi ini pasti akan habis suatu saat nanti. :D

Balas
Author
24 February, 2015 03:59 ×

Saya sendiri bukan orang yang pandai membuat peralatan yang fungsinya sebagai penghasil sumber energi alternatif selain minyak bumi dan batubara kang, namun menurut saya akan lebih baik jika kita jauh-jauh hari mempersiapkannya, sebelum persediaan sumber energi tak terbarukan ini benar-benar habis dan tidak bisa kita gunakan lagi.

Mudah-mudahan ada generasi muda kita yang mulai berpikir dan bertindak kearah situ. :D

Balas
Author
24 February, 2015 04:03 ×

Air dan cahaya matahari merupakan sumber energi paling potensial dan menjanjikan yang bisa kita kelola mas Purnama. Karena disamping sifatnya yang terbarukan, juga jumlahnya di alam yang tersedia dalam jumlah yang sangat-sangat banyak. Namun ya itu, mungkin karena ketergantungan kita terhadap minyak bumi dan batubara yang membuat sumber energi alternatif ini belum dikelola secara menyeluruh. :D

Balas
Author
24 February, 2015 04:07 ×

Boleh-boleh saja sih mengandalkan mesin dalam memperoleh sumber energi alternatif ini, hanya saja akan lebih baik jika mesin-mesin tersebut juga mulai menggunakan energi alternatif yang terbarukan, mengingat jumlah dan potensi yang bisa digunakan sangat besar. :D

Balas
Author
24 February, 2015 04:11 ×

Setuju sama mbak Imerlina Putri, jika panel solar cell sudah diproduksi secara massal dengan harga terjangkau, saya yakin banyak diantara kita yang tertarik mendapatkan energi alternatif di rumah kita. Dengan begitu akan semakin berkurang ketergantungan kita terhadap sumber energi yang tak terbarukan. :D

Balas
Author
24 February, 2015 04:20 ×

Saya rasa juga demikian mbah Dinan, jangan sampai ditengah kekayaan kita terhadap sumber energi terbarukan ini, membuat kita masih kebingungan dalam mendapatkan energi alternatif pengganti minyak bumi dan batubara. Ok terima kasih atas tambahan sarannya Mbah Dinan. :D

Balas
Author
24 February, 2015 04:27 ×

Hahahaha lha kalau bahas yang begini mah malah kebesaran buat saya mas, karena background nya saya tidak mempelajari yang beginian ini. :D

Kalau sumber energi yang berasal dari petir itu hanya angan-angan saya saja mas. Idenya adalah dengan memahami sifat petir, bagaimana petir bisa terbentuk, dan dalam kondisi yang bagaimana petir bisa menyambar. Dengan begitu diharapkan kita bisa menempatkan pembangkit listrik tenaga petir di tempat-tempat yang banyak terjadi sambaran petir. Di dalam pembangkit listrik tersebut berfungsi untuk memerangkap energi petir jutaan watt, menstabilkan dan mendistribusikannya ke wilayah sekitar. Dengan begitu ada kemungkinan berkurangnya ketergantungan kita terhadap sumber energi tak terbarukan dari minyak bumi dan batubara untuk wilayah yang memakai sumber energi dari petir tersebut. :D

Balas
Author
24 February, 2015 04:28 ×

Semoga saja kedepannya sumber energi alternatif ini bisa lebih dimanfaatkan lagi ya mas Hary Wardiansyah. :D

Balas
Author
24 February, 2015 04:32 ×

Dan saya yakin pasti masih lebih banyak lagi sumber energi alternatif yang bisa kita gunakan untuk pengganti minyak bumi dan batubara selain hal-hal diatas. Yang paling penting sekarang ini adalah membangkitkan semangat diri kita untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap energi tak terbarukan dari minyak bumi dan batubara yang pasti akan habis suatu saat nanti. :D

Balas
Author
24 February, 2015 04:35 ×

Begitulah mas, saya yakin sudah mulai ada orang-orang mumpuni yang mampu membuat pembangkit listrik energi alternatif di atas. :D

Balas
Author
24 February, 2015 04:40 ×

Betul sekali mas, untuk skala global saya rasa beberapa negara maju sudah mulai menggunakan energi yang berasal dari sumber yang terbarukan seperti matahari, angin, dan air. Hanya saja hasil produksinya masih jauh dari mencukupi kebutuhan global. Diperlukan kerjasama banyak negara agar sumber energi alternatif ini bisa menggantikan sumber energi tak terbarukan minyak bumi dan batubara. :D

Balas
Author
24 February, 2015 05:37 ×

Sumber energi pengganti minyak bumi yang paling efektif kayaknya energi nuklir. Cuma ya gitu, resikonya gede. Jepang aja kalap kan gara2 PLTN-nya kena efek gempa. Tantangan buat pemerintah nih. Berpacu sama waku sebelum bahan bakar fosil habis ya Mas Dory, hehe.

Kalau dari petir, pernah denger emang bisa Mas. Cuma masalahnya di storage-nya bakal sebesar apa? Masalah ini juga terjadi di kebanyakan solar cell. Makanya energi yang dihasilkan ga bisa dalam skala besar.
Kok jadi sok tau gini, haha. Maap ya Mas Dory.

Balas
Author
24 February, 2015 06:54 ×

minyak dan batu bara sebagai sumber energi memang semakin menipis, mesti ada usaha kreatif memanfaatkan sumber energi lain

Balas
Author
24 February, 2015 07:54 ×

Setuju dengan Mang Lembu, mengingat sumber energi fosil adalah sumber energi tak terbarukan, maka sudah seharusnya kita mulai beralih ke sumber energi yang bisa diperbarui. Lebih cepat lebih baik. :D

Balas
Author
24 February, 2015 08:01 ×

Tadinya saya ingin memasukkan energi nuklir ini sebagai energi alternatif pengganti minyak bumi dan batubara. Namun sumber energi ini masih banyak yang pro dan kontra. daripada saya memasukkannya dan hanya menimbulkan saling debat antara yang pro dan yang kontra, mungkin lebih baik jika saya memasukkan sumber energi yang lebih aman dan tidak menimbulkan perdebatan di akar rumput.

Bisa dibayangin kan, pembangkit listrik tenaga nuklirnya belum dibangun, namun yang ada justru debat terus tanpa ujung. Terus kapan kita bisa action coba kalau waktu kita habis buat debat sana sini.

Secara teknis nya saya kurang tahu bagaimana menyimpan energi petir ini dan mendistribusikannya. Biarlah yang lebih ahli yang akan memikirkannya. :D

Balas
Author
24 February, 2015 08:03 ×

Setuju dengan Mas Wong, maksud dan tujuan saya membuat artikel diatas adalah seperti yang Mas Wong sampaikan. :D

Balas
Author
24 February, 2015 09:05 ×

Tenaga surya
Dikebunku sudah menggunakannya
Untuk peneranang ketika malam tiba
Karena belum ada PLN disana

Irit dan ga usah bayar siapa-siapa
Kecuali bersyukur Kepada-Nya
Karena cahaya surya
Ada manfaatnya luar biasa...

Balas
Author
24 February, 2015 11:01 ×

saya siap menjadi konsumen saja mas

Balas
Author
24 February, 2015 11:02 ×

saya dukung dengan doa

Balas
Author
24 February, 2015 11:20 ×

benar banget tu mas dory, saya memimpikan bahwa Indonesia bisa menggunakan seluruh potensi alam untuk sumber energi yang terbarukan seperti energi matahari dan panas bumi....tapi ntah sampai kapan ya?

Balas
Author
24 February, 2015 15:13 ×

nahhh bener mas akan tetapi agak sulit memang jika beralih dari energi pengganti minyak bumi dan batu bara ini dikarenakan harganya masihh tinggi dan langka namun nanti juga bakal terbiasa yah mas jika dibiasakan

Balas
Author
25 February, 2015 01:38 ×

semoga saja Mas Dory hehehe, yumari berhemat akan sumber energi :D

Balas
Author
25 February, 2015 06:50 ×

sumber energi dari petir menarik banget mas, Seandainya Indonesia bisa membuatnya atau hanya khayalan saya, ahaha

Balas
Author
25 February, 2015 10:45 ×

masih banyak sumber energi alternatif ya mas dory, cuma mungkin karena minyak bumi lebih mudah diaplikasikan dalam penggunaannya, makanya energi dari minyak bumi tetap menjadi energi utama saat ini. mudah-mudahan nanti semakin banyak energi alternatif yang benar-benar dapat digunakan secara mudah dan murah dalam kehidupan kita sehari-hari.

Balas
Author
25 February, 2015 20:08 ×

nah betul banget nih kalau pengganti minyak bumi harus segera dikembangkan terutama cahaya dan panas matahari :)
semoga pegganti minyak bumi inidapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.Amin

Balas
Author
27 February, 2015 12:00 ×

Kalau petir
Bukannya pada nyingkir
Takut sebelum diusir

Balas
Author
27 February, 2015 18:50 ×

harus bisa ,asal ada yg mulai bergerak untuk melaksanakan dan gak cuma hanya rencana dan omdo , hehe

Balas
Author
28 February, 2015 00:17 ×

iya mas, betul itu

Balas
Author
28 February, 2015 09:57 ×

Sumber energi alam wajib kita syukuri dengan memanfaatkannya secara hemat dan berimbang.

Apalagi kontraktor yang mengambil bidang batu bara, gas, dan minyak bumi keuntungannya berlipat dibanding uap.

Makasih banyak ilmunya.

Balas
Author
28 February, 2015 11:57 ×

sebenarnya banyak yang bisa dimanfaatkan di alam kita ini ya mas, hanya saja manusi kebanyakan mau yang instan dan tanpa adanya perawatan sehingga doperkirakan setiap tahun energi yang kita gunakan saat ini terus berkurang :D

Balas
Author
28 February, 2015 18:37 ×

ada satu energi lagi untuk rakyat indonesia, yaitu semangat. semangat untuk berkarya dan membuat suatu hal kreatif untuk mengatasi sumber energi minyak, batu bara, dan gas bumi yang makin menipis. itu kayaknya juga perlu di perhatikan, karena kadang banyak malasnya ketimbang hanya sekedar berteori untuk pemerintah kita sekarang ini.

Balas
Author
02 March, 2015 12:16 ×

Wah sepertinya cahaya matahari adalah energi alternatif yang sangat menjanjikan, dan untuk petir saya belum memikirkannya.

Balas
Author
02 March, 2015 19:30 ×

Wah jadi mbak Anisayu Nastutik sudah menggunakan sumber energi alternatif dari tenaga surya ya di rumah nya. hebat sekali ya hehehe. Kelemahan saya kalau sudah kena puisi dari mbak Anisayu Nastutik kayak diatas. hehe terima kasih sudah menambahkan ya mbak. :D

Balas
Author
02 March, 2015 19:35 ×

Saya yakin masih ada lagi sumber energi alternatif pengganti minyak bumi dan batubara di atas mbak Nove Hasanah, namun belum semuanya bisa diaplikasikan di kehidupan nyata. Suatu saat nanti, anak cucu kita mungkin mampu membuat pembangkit listrik menggunakan energi dari non minyak bumi dan batubara. :D

Balas
Author
02 March, 2015 19:39 ×

Amin, semoga harapan mbak Nindi Azzahra bisa terwujud. hehe sependapat dengan pendapat mbak diatas bahwa sumber energi alternatif pengganti minyak bumi dan batubara harus segera dikembangkan. Terima kasih sudah menambahkan komentar mbak Nindi. :D

Balas
Author
06 March, 2015 22:51 ×

hahaha iya Mas, saya bacanya gak sampai paragraf dua di bagian petir itu. Tapi memang sih saya pernah dengar kalau ada istilah ladang petir. Kalau gak salah ladang petir itu kalau daerahnya memang banyak batu magnetnya.

Balas
Author
22 March, 2015 12:51 ×

nah ini dia yang harus dikembangkan oleh generasi penerus...
saya ada dapat penjelasan sedikit dari salah satu ahli batubara Mr Ong.
Katanya untuk saat ini harusnya indonesia masih menggunakan batubara karena batubara masih yang paling ekonomis.

Balas
Author
16 April, 2015 11:45 ×

banyak juga ya mas pengganti sumber energi umum seperti minyak bumi dan batubara, jadi nambah pengetahuan nih :)

Balas
Author
04 July, 2015 13:54 ×

Negara kita luar biasa, memiliki potensi energi alternatif yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Indonesia dihadapkan pada persoalan ketergantungan terhadap energi fosil, terutama minyak bumi dalam pemenuhan konsumsi di dalam negeri masih tinggi, yaitu sebesar 96% (minyak bumi 48%, gas 18%, dan batubara 30%) dari total konsumsi energi nasional, sementara upaya untuk memaksimalkan pemanfaatan energi terbarukan belum dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan. Tks Mas Infonya

Balas
Author
10 September, 2015 14:29 ×

mas ace max siap di hapus tuh komentranya. hehehehe

Balas
Author
04 October, 2015 03:38 ×

Hehehe kejam banget Mang Aduls. :D

Balas
Author
08 November, 2015 19:20 ×

Informasi yang baru saya tahu kali ini tentang sumber energi alternatif dari petir. Memaksimalkan semua sumber daya yang ada tentunya jadi solusi cerdas untuk menghasilkan sumber energi alternatif yang dapat menggantikan sumber energi fosil yang semakin hari semakin menipis dan membahayakan ekosistem

Balas
Author
19 November, 2015 01:10 ×

bahaya tapi bermamfaat,.?
kalo bisa indonesia menciptakan nya?
is mazing!

Balas
Author
22 January, 2016 14:57 ×

SDA sebenarnya melimpah tinggal kekreatifan kita ya mas hehe

Balas
Author
22 October, 2016 07:05 ×

Bukan sumber energi alternatifnya yg di ganti mas, tapi Budaya memakai energi, Budaya memandang Kebutuhan, dugem itu butuh Listrik banyak, computer, dunia Maya, sikap yang diwariskan Budaya barat yg diganti, sampe mati Kita usaha, energi alternatif Gak bakal pernah disetujui

Balas
Author
22 October, 2016 07:09 ×

Cara pandang Baru yang mesti di tegakkan mas, lah energi Listrik siapa yg bawa kalo bukan kolonialisme? Industri, modernisme, konsumerisme caranya satu, ganti budaya.

Balas
Author
22 October, 2016 07:11 ×

Gw nulis Gini bisa dibunuh nih. Bodo amat. wkwkwk

Balas
Author

Silahkan tambahkan komentar anda di bawah ini.

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih sudah berkomentar