Peranan Foreman Di Perusahaan

Blog Mas Dory - Tugas, fungsi dan peranan foreman atau pengawas mengefektifkan biaya pengeluaran atau cost yang akan atau telah dikeluarkan oleh perusahaan pertambangan. Informasi ini berisi tentang peranan foreman atau pengawas tambang yang berhubungan dengan biaya atau cost suatu perusahaan. Tidak bisa dipungkiri bahwa pertambangan adalah pekerjaan yang memerlukan investasi yang sangat besar, mulai dari pembelian alat berat yang sangat mahal, biaya selama alat tersebut beroperasi dari pemakaian fuel atau bahan bakar, biaya untuk sumber daya manusia yang digunakan, biaya perawatan dan pembelian sparepart unit, dan biaya  lainnya yang harus dikeluarkan perusahaan pertambangan.

Selain memerlukan investasi yang besar dalam kegiatan operasional nya, dunia pertambangan juga memiliki potensi bahaya yang tinggi yang bisa menimbulkan kecelakaan. Dan ini juga adalah salah satu peranan foreman atau pengawas tambang berkaitan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pekerja.

Baca juga: peranan dan tugas foreman atau pengawas yang berkaitan, berhubungan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di pertambangan disini.

Gambar Foreman dalam perusahaan pertambangan | Blog Mas Dory

Mengefektifkan biaya atau cost yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam kegiatan usaha pertambangan tanpa mengurangi nilai-nilai Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) karyawan dan lingkungan pertambangan tersebut adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan jika perusahaan ingin bertahan dan bersaing dalam dunia pertambangan. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan foreman atau pengawas tambang yang bisa membantu perusahaan dalam mengefektifkan pengeluaran biaya atau cost tersebut.

Namun foreman juga harus menyadari bahwa mengendalikan cost perusahaan tidak hanya menekan pengeluaran biaya selama kegiatan operasional. Beberapa langkah penting lainnya yang bisa dilakukan foreman atau pengawas tambang untuk mengefektifkan cost perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Memaksimalkan Utilisasi (Eu) atau penggunaan alat muat atau unit angkut di tambang.


Langkah yang bisa diambil foreman atau pengawas tambang dalam mengefektifkan cost atau pengeluaran perusahaan adalah dengan mengoptimalkan penggunaan alat muat atau unit angkut di tambang. Semaksimal mungkin mencarikan job untuk alat muat dan unit angkut yang tidak sedang breakdown atau rusak agar alat muat dan unit angkut tersebut bisa lebih produktif. Terlebih lagi jika alat muat dan unit angkut dibeli perusahaan tambang dengan cara leasing atau kredit di bank. Tentu perusahaan tidak ingin melihat alat muat dan unit angkut tersebut nganggur, sedang kondisi alat muat dan unit angkut dalam kondisi ready untuk kerja.

Selain itu, langkah foreman atau pengawas tambang ini juga bisa menghindarkan perusahaan dari membayar operator atau driver nganggur dikarenakan alat muat dan unit angkut nya tidak dimaksimal kan penggunaan nya padahal alat tersebut dalam kondisi ready.

Jika anda adalah pemilik perusahaan, di antara dua dibawah ini, foreman mana yang anda pilih dalam mengefektifkan cost perusahaan anda:

1. a. Foreman yang pintar mencarikan job untuk alat muat dan unit angkut yang ready milik anda. Dengan begitu anda dapat pemasukan dari pekerjaan alat muat dan unit angkut tersebut. Sehingga ada anggaran untuk membayar leasing atau kreditan alat angkut atau unit angkut milik anda tersebut. Dan anda bisa membayar operator atau driver dari pemasukan yang dihasilkan, atau;

1. b. Foreman yang tidak pintar dan membiarkan alat muat dan unit angkut yang ready dalam keadaaan nganggur di tambang. Anda tetap harus membayar leasing atau kreditan alat tersebut, anda tetap harus membayar operator dan driver dari alat muat dan unit angkut yang nganggur tersebut.

2. Memaksimalkan Availability atau ketersediaan alat muat dan unit angkut di tambang.


Selain mengoptimalkan penggunaan atau utilisasi alat muat dan unit angkut di tambang di atas, langkah selanjutnya yang bisa diambil foreman atau pengawas tambang dalam mengefektifkan biaya pengeluaran atau cost perusahaan adalah dengan memaksimalkan ketersediaan alat muat dan unit angkut di tambang. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan pengawas atau foreman tambang dalam memaksimalkan availability alat muat atau unit angkut.

2. a. Mempertahankan dan meningkatkan mechanical availability (Ma) alat muat dan unit angkut di tambang.
Sebisa mungkin tetap mempertahankan dan meningkatkan ketersediaan alat secara mekanis. Semaksimal mungkin menghindarkan alat muat dan unit angkut dari kerusakan atau breakdown yang tidak perlu, misalkan unit angkut breakdown patah spring dan patah baut roda di sebabkan oleh kondisi jalan yang tidak baik, maka langkah yang bisa diambil adalah memperbaiki titik-titik jalan rusak yang mungkin menyebabkan unit angkut tersebut breakdown.

2 . b . Mempertahankan dan meningkatkan Physical availability (Pa) alat muat dan unit angkut di tambang.
Sebisa mungkin foreman mempertahankan dan meningkatkan ketersediaan alat muat dan unit angkut secara fisik. Langkah yang bisa diambil misalnya secepat mungkin memastikan alat muat dan unit angkut bisa beroperasi kembali setelah hujan. Segera scraft jalan jika memungkinkan untuk menghindari kondisi jalan licin saat dilalui unit angkut. Segera pastikan kondisi loading front dan kondisi disposal aman saat operator dan driver beraktivitas kembali di area tersebut.

Meminimalkan waktu yang terbuang dari hal-hal yang seharusnya bisa dihindari, bisa juga menjadi langkah untuk mengefektifkan pengeluaran biaya atau cost perusahaan dalam suatu pertambangan.


Baca juga: Maksud dari Effectuve Utility (Eu) atau penggunaan efektif alat, Mechanical availability (Ma) atau ketersediaan mekanikal alat, Physical availability (Pa) atau ketersedaan fisik alat dan rumus yang digunakan untuk menghitung nya disini.


3. Mempertahankan dan meningkatkan produktivitas alat muat dan unit angkut di tambang.


Langkah berikutnya yang bisa dilakukan foreman dalam mengefektifkan biaya pengeluaran atau cost perusahaan pertambangan adalah dengan mempertahankan dan meningkatkan produktivitas alat muat dan unit angkut di tambang. Foreman diharapkan bisa mengetahui productivity setiap alat muat dan unit angkut yang berada dalam pengawasan nya. Dengan begitu, foreman bisa memantau berapa hasil produksi yang diperoleh setiap alat muat dan unit angkut di tambang tersebut. Tindakan apa saja yang bisa diambil jika produktivitas alat muat atau unit angkut tersebut menurun. Semakin tinggi produktivitas alat muat dan angkut di tambang, semakin efektif cost atau pengeluaran biaya perusahaan di pertambangan.

Baca juga:
  1. Memahami cara menghitung atau rumus menghitung productivity atau produktivitas alat muat ditambang disini.
  2. Memahami cara menghitung atau rumus menghitung productivity atau produktivitas alat angkut di tambang disini.

4. Meminimalisir potensi bahaya yang menyebabkan terjadinya kecelakaan di tambang.


Langkah yang bisa diambil foreman dalam mengefektifkan pengeluaran biaya atau cost perusahaan adalah dengan menekan angka kecekalaan di tambang. Sebisa mungkin mengenali sedini mungkin potensi bahaya yang mungkin terjadi. Jika potensi bahaya sudah diketahui, diharapkan bisa menentukan langkah-langkah bagaimana cara untuk meminimalisir potensi bahaya tersebut. Misalkan jalan licin sehabis hujan, licin nya jalan merupakan potensi bahaya yang mungkin menyebabkan unit tergelincir dan saling bertabrakan jika berpapasan. Untuk menghilangkan potensi bahaya ini adalah dengan scraft jalan yang licin tersebut menggunakan Greader untuk menghilangkan lapisan permukaan jalan yang licin karena adanya lumpur di permukaan jalan tersebut.

Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan akibat kecelakaan yang terjadi di tambang baik itu biaya pengobatan, biaya penggantian sparepart unit, waktu yang terbuang karena unit rusak yang sama dengan pemasukan yang hilang tidak mengefektifkan cost perusahaan. Di samping itu, semakin banyaknya angka kecelakaan tambang yang terjadi di perusahaan tersebut akan mempengaruhi citra dan nama baik perusahaan pertambangan di mata pemerintah, dan ini sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan tersebut di dunia pertambangan. Foreman atau pengawas tambang diharapkan memahami hal ini.

5. Meminimalkan waktu yang terbuang dari hal-hal yang seharusnya tidak perlu terjadi.


Peranan foreman untuk mengefektifkan cost perusahaan berikutnya adalah meminimalisir atau menghilangkan waktu yang terbuang dari hal-hal yang seharusnya bisa dihindari. Beberapa contoh kecil waktu terbuang padahal seharusnya bisa di hindari adalah:
  • Keterlambatan unit LV (Light Vehicle) atau mobil sarana antar jemput karyawan saat awal shift kerja dan ketepatan waktu saat akhir shift kerja.
  • Masalah refueling pengisian bahan bakar alat muat dan unit angkut saat jam operasional.
  • Karyawan mengambil jam istirahat terlalu awal saat masih jam operasional.
  • Karyawan masuk kembali terlalu lama setelah jam istirahat.
  • Dan lain-lain.

6. Menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan pekerja atau anak buah pengawas tersebut.


Langkah yang bisa diambil foreman untuk mengefektifkan biaya pengeluaran atau cost perusahaan lainnya adalah foreman menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan anak buahnya atau pekerja tambang. Kerjasama dan komunikasi yang baik akan membuat pekerjaaan yang dilakukan akan lebih kompak, solid dan bersinergi. Pekerjaaan yang dilakukan dengan solid akan menghasilkan produksi yang lebih daripada pekerjaan yang dilakukan oleh team yang tidak bersinergi. Membuat pekerja merasa aman dan nyaman saat bekerja dan menciptakan suasana kekeluargaan dalam bekerja.

Baca Juga: Kewajiban Pengawas atau Foreman Berdasarkan KepMen 555 disini.

Tentunya masih ada lagi langkah yang bisa diambil foreman dalam peranan nya yang berhubungan dengan mengefektifkan biaya pengeluaran atau cost perusahaan. Jika anda merasa ada hal yang perlu ditambahkan dari informasi yang saya tulis diatas, mohon jangan ragu-ragu untuk menambahkannya di kotak komentar dibawah ini. Harapan saya, semoga sedikit informasi ini bisa membantu pengawas tambang atau foreman dalam mengefektifkan cost di perusahaan tempat dia bekerja, khususnya buat diri saya sendiri. Akhir kata, mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan, terima kasih atas segala perhatian, semoga kita semua tetap diberi Keselamatan dan senantiasa dalam lindungan Tuhan YME Amin.
Reviewer: Mas Dory
on: 2/15/2015, Rating: 5
ItemReviewed: Peranan Foreman Di Perusahaan
Descripton: Blog Mas Dory - Fungsi tugas dan peranan foreman atau pengawas tambang dalam mengefektifkan biaya pengeluaran atau cost perusahaan pertambangan.
45 komentar Form Kotak komentar
15 February, 2015 21:00 ×

ngambil pertamax dulu ahh

Balas
Author
15 February, 2015 21:07 ×

wah ternyata tanggungjawab foreman juga banyak yamas.
selain mengawasi pekerja juga mesti mampu membuat system kerja yg efektif dan meningkatkan produktivitas.
bisa dikatakan foreman ini salah satu tangan kanan perusahaan tambang yamas

Balas
Author
15 February, 2015 21:11 ×

kalau saya pemilik perusahaan jelas memilih Foreman yang pintar mencarikan job untuk alat muat dan unit angkut yang ready lah mas

Balas
Author
15 February, 2015 22:04 ×

saya doa;in deh biar kang Yanto nantinya memiliki sebuah perusahaan yang besar, biar saya nantinya ikut kerja disana :D

Balas
Author
15 February, 2015 22:07 ×

Tentunya menjadi seorang Foreman perusahan harus benar-benar orang yang tepat, jujur dan bertanggung jawab ya mas Dory. Apalagi jika terkait dengan soal keuangan perusahaan :D . .
Jelas donk mas Dory, saya lebih setuju dengan pendapat kang Yanto. untuk memilih foreman yang pintar mencarikan Job :D

Balas
Author
15 February, 2015 22:18 ×

cukup sekedar tau tentang Peranan Foreman

Balas
Author
15 February, 2015 23:57 ×

HEM SAYA BELAJAR DULU AH DARI MAS DORY INI MENGENAI BAGAIMANA MENJADI SEORANG FOREMAN YANG BAIK UNTUK BISA MENGEMBANGKAN SUATU USAHA ATAU PERUSAHAAN

Balas
Author
16 February, 2015 01:21 ×

saya sendiri masih asing sekali terkait dengan pekerjaan di perusahaan jenis ini mas, dunia kerja saya masih dalam tahap p[endidikan tu :D, terima kasih informasinya ya mas, mana tahu nantinya akan terjun ke dunia yang sama :D

Balas
Author
16 February, 2015 05:38 ×

Silahkan Mas Yanto. :D

Balas
Author
16 February, 2015 05:44 ×

Iya mas, foreman adalah salah satu ujung tombak penting yang ada di perusahaan pertambangan. Selain memastikan kondisi tempat kerja Aman dan selamat buat pekerja tambang selama beraktifitas, foreman juga harus memikirkan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengefektifkan cost atau pengeluaran biaya perusahaan. Dengan begitu pekerjaan bisa berjalan efektif dengan hasil maksimal. :D

Balas
Author
16 February, 2015 05:50 ×

Betul itu mas Yanto, itulah sebabnya banyak perusahaan pertambangan yang merekrut foreman atau pengawas tambang yang benar-benar berkompeten di bidang nya. Karena maju tidak nya suatu perusahaan pertambangan, salah satunya ditentukan oleh kelincahan berpikir dan pengambilan keputusan yang cepat foreman nya tanpa mengabaikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja karyawan.

Saya juga do'ain semoga Mas Hary Wardiansyah kelak memiliki perusahaan sendiri. Harapannya agar saya juga bisa bergabung menjadi karyawan di perusahaan milik Mas Hary tersebut.Amin :D

Balas
Author
16 February, 2015 05:59 ×

Saya rasa menjadi seseorang yang jujur dan bertanggung jawab dalam mengemban tugas tidak hanya terbatas pada posisi atau jabatan foreman saja Mas Hary, namun lebih mencakup ke semua bidang pekerjaan.

Ibarat kata pemilik perusahaan itu menyerahkan aset perusahaan nya seperti alat muat dan unit angkut ditambang untuk foreman kelola dengan semaksimal mungkin. Di sinilah peranan foreman mengefektifkan cost perusahaan tersebut di uji. Apakah foreman tersebut lincah dalam mencarikan job alat tambang yang non job atau tidak. :D

Balas
Author
16 February, 2015 06:01 ×

Iya Mbak Imerlina Putri, terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini. Satu komentar dari sahabat sangat berarti buat saya. :D

Balas
Author
16 February, 2015 06:04 ×

Saya sendiri hanya berusaha membagikan informasi sesuai dengan apa yang saya pahami Mas Purnama. Harapan saya semoga yang sedikit ini bisa diterapkan oleh pembaca, dan tidak menutup kemungkinan pola pikir ini bisa juga di terapkan dalam bidang lain selain pertambangan. :D

Balas
Author
16 February, 2015 06:11 ×

Justru menurut saya semua berawal dari bangku pendidikan Mas Ibrahim, termasuk juga bidang pertambangan ini. Saat ini cukup susah untuk masuk dan menggeluti bidang pertambangan tanpa background akademis yang tinggi. Hal ini mungkin dikarenakan dunia pertambangan adalah dunia yang padat investasi (memerlukan investasi yang sangat besar) dengan tingkat potensi bahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan yang cukup tinggi. Diperlukan individu-individu yang berkompeten di bidangnya agar kegiatan operasional pertambangan bisa berjalan maksimal. :D

Balas
Author
16 February, 2015 07:04 ×

peran foreman bagi saya pengetahuan baru mas, belum pernah kerja diperusahaan apalagi pertambangan

Balas
Author
16 February, 2015 09:24 ×

selamat Pagi Mba, Istilah Foreman baru kali ini saya dengar,saya hanya terbiasa mendengar Kata pengawas Mas. Foreman atau pengawas tentunya memiliki peran yang sangat Vital pada sebuah usaha pertambangan ya Mas, di daerah saya ada perusahaan pertambangan batu bara dan sepertinya membutuhkan Foreman...

Balas
Author
16 February, 2015 11:26 ×

walaupu saya tidak paham, tapi saya seneng bacanya

Balas
Author
16 February, 2015 14:20 ×

salam kenal bang, aku baru mampir ke blog ini...

Balas
Author
16 February, 2015 16:25 ×

adminnya ini mirip tetangga saya namanya + mukanya sama , stelah buka infonya ternyata bukan
info pertambangan nich keren sangat bermanfaat
thanks

Balas
Author
16 February, 2015 23:02 ×

Peranan pengawas tambang sangat kompleks ya pak, sampai masalah cost juga jadi bagiannya

Balas
Author
17 February, 2015 03:09 ×

Apapun bidang pekerjaan kita, minimal kita bisa berbagi pengalaman dan informasi seputar pekerjaan tersebut Mas Wong, saya sendiri juga sering mendapat tambahan wawasan dari sahabat lainnya termasuk dari Mas Wong juga. :D

Balas
Author
17 February, 2015 03:20 ×

Tidak apa-apa mbak, Saya sudah merasa seneng mendengar Mbak Erna seneng baca tulisan saya. :D

Balas
Author
17 February, 2015 03:22 ×

Salam kenal juga buat Mbak Dwiex'z Someo, terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog jelek saya ini. hehe :D

Balas
Author
17 February, 2015 03:24 ×

Wah pasti tetangga Mas itu Dude Herlino ya, soalnya banyak juga yang bilang kalo saya ini mirip Dude Herlino Mas. hehe :D

Balas
Author
17 February, 2015 03:29 ×

Sebenernya sih foreman tidak berurusan langsung dengan cost perusahaan Mas Sucipto Kuncoro karena itu sudah ada bagiannya sendiri, Hanya saja banyak aset perusahan seperti alat muat atau unit angkut (baik itu di beli secara cash ataupun leasing - kredit) di tambang yang menjadi tanggung jawab foreman dalam mengoptimalkan produktivitas setiap unit nya. :D

Balas
Author
17 February, 2015 09:21 ×

Berat juga ya mas tugas dan tanggung jawab foreman pertambangan. Mereka harus mengoptimalkan alat-alat yang tersedia untuk mengurangi biaya produksi dengan tidak mengurangi resiko keselamatan pekerjanya..

Balas
Author
17 February, 2015 09:22 ×

Mas Dory narsis pisan euy.. haha

Balas
Author
17 February, 2015 10:24 ×

yang sebelumnya tidak tau tentang pertambangan sekarang jadi tau
hanya sekerdar tau

Balas
Author
17 February, 2015 11:54 ×

mas dory , apakabar mas. mantap banget mas tugasnya seorang foreman walaupun capek. gak kebayang deh capeknya. oh ya mas, ada komentar pinjam dana tuh, gak ngerti maksudnya apa hehe.

Balas
Author
17 February, 2015 11:57 ×

Tugasnya berat dan beresiko ya... tapi tanpa mereka-mereka ini, bahan-bahan tambang yang tersedia tidak akan bisa dimanfaatkan oleh dengan baik... two thumb up untuk para pekerja di pertambangan :)

Balas
Author
17 February, 2015 13:39 ×

Kalau saya baca sekilas di atas, berarti kalau alat tambang yang diam malah tidak baik yah Mas. Malah rugi kalau alat yang dimiliki tidak dipakai.

Balas
Author
17 February, 2015 16:37 ×

saya dulu pernah juga nanya sama kawan tentang orang yang bertugas menjadi penentu dalam kerja lapangan...mungkin ini dimaksud dengan foreman kali ya mas...saya baru sadar...semua yang ditulis dalam blog ini kayaknya berlaku jiga untuk semua pekerjaan proyek dan dapt diterapkan dengan fleksibel. dan semua elelmen kerja saling berhubungan terkait erat satu sama lainnya....ok baru nyadar saya mas dory...ok makasih gan atas ilmu dan pencerahannya. salam sahabat blogger.

Balas
Author
17 February, 2015 21:33 ×

rata- rata hampir sama dengan tugas foreman di bidang industri mana pun, foreman menjaga kualitas dan kuantitas suatu produksi

Balas
Author
17 February, 2015 21:55 ×

saling mendoakan deh kalau gitu.amiin

Balas
Author
17 February, 2015 21:56 ×

makasih atas penjelasan yg sangat gamblang ini mas

Balas
Author
18 February, 2015 14:58 ×

foreman artinya sama dengan mandor gitu ya mas. maklum nui banget dibudang ini, hehe

Balas
Author
18 February, 2015 22:15 ×

wah terdampar dib;og yang membahas tentang info pertambangan

Balas
Author
21 February, 2015 11:04 ×

Balik lagi, menyapa Mas Dory...
Selamat hari Sabtu.... ^^

Balas
Author
21 February, 2015 11:15 ×

nyimak artikel pertambangan dulu ah dimari hehe. "investasi yang sangat besar" saya sangat setuju itu karena pertambangan selalu identik dengan alat-alat beratnya itu baru salah satunya, belum lagi faktor kesehatan para karyawan itupun menurut saya lumayan jadi perhitungan. bicara tentang cost kadang pihak-pihak terkait seperti yang mas dory katakan "mengefektifkan" justru suka disalah artikan. tapi itu disana... kalau disitu saya nggak tahu :D

Balas
Author
21 February, 2015 15:20 ×

selamat hari sabtu juga mbak...saya wakili dori dulu...dia lagi masak air buat bikin kopi. heeee

Balas
Author
21 February, 2015 15:22 ×

yang saya baru engeh ternyata tugas foreman juga harus bisa Meminimalisir potensi bahaya yang menyebabkan terjadinya kecelakaan di tambang. tak kira cuma nguruh fasilitas, dan memaksimalkan kinerja semua elemen aja. ok mas makasih.

Balas
Author
01 February, 2016 12:22 ×

ternyata tugas foreman itu berat namun sangat dibutuhkan demi keselamatan banyak orang.. semangat untuk para foreman

Balas
Author
18 July, 2016 15:51 ×

sangat berguna info ini
terima kasih banyak

Balas
Author
20 November, 2017 13:33 ×

Sering dengar istilah Foreman, dan baru tau setelah baca blognya Mas Dory,

Balas
Author

Silahkan tambahkan komentar anda di bawah ini.

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih sudah berkomentar