Penyebab, Pencegahan, dan Obat Sakit Gigi

Blog Mas Dory - Penyebab, pencegahan, dan obat sakit gigi. Apakah anda pernah merasakan bagaimana rasanya sakit gigi ?. Selain demam dan flu, sakit gigi ini lah penyakit yang paling rajin mengunjungi saya. Dan percayalah rasanya sangat-sangat tidak enak dan menyakitkan. Jika disuruh memilih, mungkin saya lebih baik memilih sakit hati daripada sakit gigi. Kalau sakit hati mah sudah biasa, hehe. Walaupun bukan kategori penyakit turunan, menular, dan mematikan, namun sakit gigi termasuk penyakit level tinggi yang wajib untuk dihindari (versi saya lho). Dan untuk bisa menghindarkan kita dari sakit gigi, sudah seharusnya kita mengenali apa saja penyebab yang membuat gigi kita sakit. Disamping itu ada baiknya juga jika kita mengetahui obat terbaik seperti apa saja yang bisa menyembuhkan sakit gigi.

Penyebab sakit gigi dan pencegahan awal yang bisa dilakukan.



Kalau dipikir -pikir, sebenarnya apa sih yang menyebabkan kita sakit gigi ?. Jarang atau tidak pernah gosok gigi ?. Saya rajin kok sikat gigi, tapi nyatanya saya sering juga terkena penyakit yang satu ini. Lantas apa dong ?. Berikut ini adalah hal-hal yangmenyebabkan kita sakit gigi dan pencegahan awal yang bisa dilakukan.

Ilustrasi pasien berobat karena sakit gigi | Blog Mas Dory

1. Gigi berlubang.
Saya rasa gigi berlubang adalah salah satu penyebab utama kenapa kita sakit gigi. Gigi geraham saya berlubang di sebelah kiri belakang, dan di bagian gigi inilah saya paling sering sakit gigi. Untuk pencegahan awal agar gigi berlubang tidak menyebabkan sakit adalah dengan menambal gigi yang lubang tersebut ke dokter gigi. Apabila kondisi gigi sudah tidak mungkin untuk ditambal, sebaiknya gigi tersebut segera dicabut. Apabila masih tidak sempat juga, bersihkan gigi berlubang dari sisa makanan yang masuk kedalam dan biasakan menyikat gigi sehabis makan.

2. Faktor makanan dan minuman.
Makan dan minum terlalu panas atau terlalu dingin, Bisa juga makan atau minum yang terlalu manis bisa menyebabkan gigi kita sakit. Terlebih lagi buat anda yang punya gigi sensitif. Hawa atau kondisi sekitar yang terlalu dingin sementara perut kita dalam kondisi kosong bisa juga memicu sakit pada gigi. Pencegahan awal: hindari memakan atau minum makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin, hindari juga yang terlalu manis. Jaga pola makan agar perut tidak sampai kosong, terlebih di musim penghujan yang bersuhu dingin. Jangan langsung menyikat gigi sehabis makan makanan asam, zat asam bisa mengikis lapisan email pada gigi. Tunggu sampai zat asam tersebut netral di mulut, kemudian baru menyikat gigi.

3. Cara menyikat gigi yang tidak tepat.
Menyikat gigi yang tidak tepat juga bisa menyebabkan kita sakit gigi. Bukan tidak mungkin saat menyikat gigi, lapisan pelindung gigi ataupun bagian bawah akan terkikis. Lambat laun hal ini akan mengakibatkan nyeri dan sakit pada gigi, terlebih pada gigi yang sensitif. Untuk mencegah hal ini terjadi, mulai lah menyikat gigi secara benar. yaitu secara melingkar berlawanan dengan arah jarum jam. Pakailah pasta gigi khusus untuk jenis gigi sensitif. Jika dilakukan secara teratur, maka sakit gigi bisa dihindari sejak dini.

4. Faktor cuaca dan lingkungan.
Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa perubahan suhu yang terlalu ekstrim dapat memicu timbulnya nyeri pada gigi. terlebih pada gigi yang sudah berlubang dan gigi sensitif. Lakukan cara diatas untuk mencegah munculnya nyeri saat menjumpai perubahan suhu yang ekstrim di lingkungan kita. Jaga kondisi tubuh tetap fit, karena perubahan cuaca ini bisa juga menjadi penyebab datangnya penyakit lain selain sakit gigi.

Mengenal jenis obat sakit gigi.


Jika sudah terlanjur sakit gigi sebelum melakukan tindakan pencegahan awal diatas, maka sudah sewajarnya kita obati penyakit ini. Setidaknya ada 2 jenis obat untuk sakit gigi, yaitu jenis obat-obatan yang alami, maupun jenis obat medis atau obat dari dokter (baik yang generik ataupun non generik). Lakukan salah satu dari jenis obat dibawah ini untuk menyembuhkan nyeri dan sakit pada gigi.

A. Obat-obatan medis atau obat dari dokter.
Untuk nyeri atau sakit gigi ringan, gunakan jenis obat golongan analgetik nonstereoidal anti-inflammatory drugs seperti aspirin atau ibuprofen yang dapat dibeli bebas di apotek tanpa resep dokter.

Sedangkan untuk sakit gigi berat, bisa menggunakan golongan analgetik kuat seperti naproxen sodium, metampiron (antalgin), asam mefenamat, diclofenac (cataflam). Pengalaman saya pribadi selama saya sakit gigi, saya lebih sering meminum obat asam mefenamat dan atau cataflam (tidak saya minum keduanya). Bagaimana dengan pengalaman anda selama sakit gigi.

Terima kasih kepada dokter Ahmad Muhlisin (dokter Lisin) di situs nya mediskus.com yang sudah menerangkan jenis obat sakit gigi terbukti paling manjur.

B. Obat-obatan alami yang bisa meredakan dan menyembuhkan sakit gigi.
Obat-obatan diatas mungkin saja berasal dari bahan yang tersedia di alam, hanya saja proses dan racikan nya yang dibuat di pabrik oleh ahli pengobatan yang membedakan jenis obat alami dan obat medis. Berikut ini beberapa bahan alami yang telah dipercaya bisa digunakan untuk mengurangi nyeri atau menyembuhkan sakit pada gigi.

Minyak cengkeh.
Cara menggunakan minyak cengkeh sebagai pereda nyeri sakit gigi adalah dengan meneteskan minyak cengkeh ke kapas (jangan berlebihan) untuk kemudian dioleshkan atau ditetesken hanya ke bagian gigi yang sakit. Hindari jangan sampai minyak cengkeh menetes ke bagian lain, karena rasa minyak cengkeh yang terlalu getir di lidah.

Air garam.
Gunakan campuran satu gelas air hangat dan garam sebagai campuran untuk berkumur saat sakit gigi. Garam mampu menghambat aktivitas dan membunuh bakteri yang terdapat dalam gigi yang sakit. Lakukan secara rutin saat gigi sakit.

Biji asam jawa.
Sangrai biji asam jawa sampai kerin dan haluskan, kemudian oleskan bubuk asam jawa tadi ke bagian gigi yang sakit menggunakan kapas. Lakukan secara rutin sampai nyeri dan sakit pada gigi hilang.

Minyak tempurung kelapa.
Belah tempurung kelapa kemudian bakar hingga tempurung tersebut mengeluarkan minyak. Setelah minyak tempurung kelapa dingin, oleskan minyak tersebut menggunakan kapas pada bagian gigi yang sakit, diamkan selama beberapa menit. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sebenarnya masih ada beberapa bahan alami lainnya yang dipercaya bisa menyembuhkan sakit gigi. Namun beberapa obat diatas saya rasa mampu untuk meredakan dan menyembuhkan sakit ini. Artikel ini saya buat hanya sebagai sumber informasi saja dan jangan dianggap sebagai nasihat medis atau anjuran pengobatan. Jika sakit gigi anda tetap berlanjut, segera pergi ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut. Kesehatan itu memang mahal, namun sakit jauh lebih mahal. Tetap jaga kesehatan anda agar tidak mudah terserang penyakit.
Reviewer: Mas Dory
on: 12/23/2014, Rating: 5
ItemReviewed: Penyebab, Pencegahan, dan Obat Sakit Gigi
Descripton: Blog Mas Dory - Penyebab, pencegahan, dan obat yang bisa digunakan untuk mengurangi nyeri atau sakit pada gigi.
11 komentar Form Kotak komentar
23 December, 2014 16:04 ×

Jadi seperti itu ya penyebabnya, jadi tambh ilmu nih,,,,,kadang kalau musim hujan ini memang suka kumat gigi saya....dengan tipsnya diatas,,,saya coba dulu deh siapa tahu bisa sembuh...terimakasih

Balas
Author
23 December, 2014 16:35 ×

Saya dulu juga kadang kambuh sakit giginya mas. Setelah saya tambal gigi yang berlubang tersebut, alhamdulillah sekarang sudah tidak sakit lagi. Terima kasih sudah berkunjung. :D

Balas
Author
23 December, 2014 18:01 ×

yang paling mudah dipraktekkan saat sakit gigi, dengan berkumur dengan air garam
terima kasih informasinya :)

Balas
Author
23 December, 2014 19:10 ×

Memang benar mas Sucipto, saya juga pernah melakukannya dan hasil nya juga bisa meredakan sakit gigi. Makasih sudah mampir.

Balas
Author
23 December, 2014 21:36 ×

ingat wktu kecil dlu kang, , obat ampuh sakit gigi, berkumur dengan air garam , nicee post nya :)

Balas
Author
23 December, 2014 22:33 ×

Demikian juga saya mas Hary Wardiansyah, sewaktu kecil juga sering berkumur dengan air garam saat gigi sakit. Terima kasih sudah berkunjung ya mas. :)

Balas
Author
23 December, 2014 23:54 ×

sama donk mas hehehe , oke mas,, sama2 , kunjungan perdana saya ya kang ehehe , salam kenal :)

Balas
Author
26 December, 2014 15:06 ×

Yang paling terkenal itu air garam. Mungkin karena gak sulit nyari air garam ini.

Balas
Author
26 December, 2014 20:00 ×

Iya Mas Ridha Harwan, saya dulu juga sering pakai air garam ini saat sakit gigi saya kambuh. Apalagi kalau kambuhnya tengah malam dan tidak ada toko obat yang buka. Iya pakai air garam ini buat berkumur untuk meredakan rasa sakitnya. :D

Balas
Author
15 January, 2015 07:35 ×

Ternyata benar toh. Saya sendiri belum pernah nyoba air garam sih.

Balas
Author
03 May, 2016 16:17 ×

Benar sekali, dan untuk yang mudah memang dengan air garam.

Balas
Author

Silahkan tambahkan komentar anda di bawah ini.

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih sudah berkomentar