Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Blog Mas Dory - Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Kita. Kali ini Blog Mas Dory akan berbagi informasi lengkap tentang buah manggis dan manfaatnya buat kesehatan kita. Informasi tersebut meliputi nama latin dan penemu pertama kali buah manggis, daerah asal buah manggis, zat yang terkandung dalam buah manggis, dan berbagai khasiat kulit dan buah manggis untuk kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi buah manggis secara rutin diyakini akan berdampak positif bagi kesehatan. Disamping itu, harga buah manggis masih sangat terjangkau untuk kebanyakan orang. Jadi mulai sekarang, akan lebih baik jika kamu menambahkan The Queen of the Fruits (ratu dari segala buah, julukan untuk buah manggis) ini ke dalam daftar 4 sehat 5 sempurna menu harian kamu.

Judul Gambar Buah Manggis dan Manfaat nya untuk kesehatan tubuh kita oleh Mad Dory Saputro

Nama latin dan penemu buah manggis.



Buah manggis (Mangosteen) bernama latin Garcinia Mangostana dan pohon nya bisa hidup di daerah yang beriklim tropis. Setidaknya memerlukan waktu 10 sampai 15 tahun untuk pohon nya bisa menghasilkan buah manggis. Tinggi pohon bervariasi antara 15 sampai 30 meter. Manggis pertama kali di temukan oleh penjelajah berkebangsaan Perancis bernama Laurent Garcin (1683-1751). Dari nama Laurent Garcin itulah nama latin buah manggis di buat.

Daerah asal buah manggis.



Diyakini, manggis berasal dari negara Indonesia. Namun tidak bisa dipastikan berasal dari daerah mana tepatnya manggis pertama kali ditemukan. Beberapa sumber internet menyebutkan bahwa buah manggis kemungkinan berasal dari Kepulauan Nusantara, ada juga yang menyebutkan manggis berasal dari hutan belantara Kalimantan, dan ada yang menyebutkan kalau buah manggis berasal dari kepulauan sunda.

Zat-zat yang terkandung di dalam buah manggis.



Buah manggis mengandung banyak vitamin C dan kalium dan senyawa biologis Katekin dan Proanthocyanidins. Di samping itu buah manggis juga mengandung Xanthones, zat antioksidan alami yang terbukti ampuh menghambat pertumbuhan sel kanker bahkan menyembuhkan pederita dari penyakit tersebut.

Senyawa Xanthones pertama kali ditemukan oleh peneliti dari German bernama Schmid W. Liebigs tahun 1855. Zat Xanthones dalam buah manggis (terutama terdapat di dalam kulit manggis) terbentuk dari kumpulan beberapa senyawa organik bioaktif penghasil antioksidan dan terdapat sekitar 40 senyawa turunan di dalamnya.

Senyawa turunan xanthones yang terdapat di dalam kulit manggis diantaranya adalah sebagai berikut: Garcinone, Mangostinone, Garcinidone, Garcimangosone, Isomangostine, dan masih banyak lagi yang lainnya. Xanthones inilah yang sangat berperan dalam mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit yang terdapat dalam tubuh kita.

Manfaat / khasiat kulit dan buah manggis untuk kesehatan tubuh kita.



Berikut ini adalah 10 manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan tubuh kita:
1. Mencegah penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh.
2. Meningkatkan daya tahan dan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.
3. Mengurangi tekanan darah tinggi atau hypertensi.
4. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
5. Menyembuhkan gangguan pernapasan.
6. Mengatasi gangguan pencernaan.
7. Menyembuhkan penyakit asma atau sesak napas.
8. Menghambat terjadinya sakit jantung.
9. Memperkecil kemungkinan terkena batu ginjal untuk pria.
10. Dan masih banyak lagi manfaat kulit dan buah manggis untuk kesehatan tubuh kita.

Baca juga 3 Khasiat utama buah alpukat untuk kesehatan disini.

Sekarang kamu sudah tahu kan sebagian besar tentang buah manggis. Semoga artikel ini bisa membantu siapa saja yang ingin tahu lebih banyak tentang buah manggis. Jika kamu punya informasi tambahan tentang buah ini, tolong jangan ragu-ragu untuk menambahkannya di kotak komentar di bawah ini.
Reviewer: Mas Dory
on: 12/04/2014, Rating: 5
ItemReviewed: Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Kita
Descripton: Blog Mas Dory - Manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh kita. Membahas tentang buah manggis secara lengkap dan manfaatnya buat kesehatan kita.
3 komentar Form Kotak komentar
13 December, 2014 21:03 ×

Kulit manggis, gak isi dalamnya gak kulitnya 2-2 nya bermanfaat. Kecuali tangkainya kali yah hehhe

Balas
Author
24 December, 2014 06:32 ×

kulit manggis kalo dimakan langsung gak enak, bikin sakit perut
kabar gembiranya, kulit manggis kini ada ekstraknya :D

Balas
Author
24 December, 2014 12:58 ×

@Ridha Harwan Benar banget mas, mungkin tidak hanya kulit dan isi buah saja yang bermanfaat kesehatan kita. Bisa jadi tuch tangkai atau daun pohon manggis bisa untuk mengobati penyakit, hanya saja mungkin perlu penelitian lebih mendalam tentang ini. :D

@Sucipto Kuncoro iya mas kulitnya memang ndak enak, saya pernah makan buah manggis tuch kulitnya ngikut secuil, langsung geleng-geleng dech. iya benar , mendingan beli ekstrak kulit buah manggis ya mas dari pada mengolahnya sendiri, harganya juga relatif terjangkau. hehehe

Balas
Author

Silahkan tambahkan komentar anda di bawah ini.

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih sudah berkomentar