Cara Mencegah Rambut Rontok

Blog Mas Dory - Cara mencegah rambut rontok. Di saat usia saya yang tidak lagi remaja (tapi masih muda hehe), terkadang saya bertanya dalam hati, apakah kepala saya akan botak nanti nya ?. Apakah rambut saya akan rontok seperti sebagian teman-teman sejawat saya ?. Kenapa sebagian orang mengalami kebotakan, tapi sebagian yang lain tidak mengalaminya ?. Apa yang menyebabkan itu semua bisa terjadi ?. Pernahkah anda memikirkan hal-hal seperti itu. Ok lah kita sepakat hidup itu dibuat enjoy saja. Tidak perlu memikirkan hal-hal yang belum terjadi pada diri kita. Tapi apa pemikiran seperti ini benar ?. Tidak terpikirkah oleh kita bagaimana perasaan sahabat kita sendiri yang sedang mengalami kebotakan ?. Dan apa yang bisa kita lakukan untuk sahabat-sahabat kita tersebut ?. Mungkin hal terkecil yang bisa saya lakukan untuk membantu sahabat saya yang sedang mengalami kebotakan adalah berbagi informasi di sini. Mudah-mudahan informasi ini bisa sedikit berguna untuk kita semua.

Ilustrasi Kebotakan Blog Mas Dory

Beberapa hal yang menyebabkan rambut rontok

.

Sebelum kita bisa menentukan cara terbaik seperti apa yang bisa kita ambil untuk mengatasi kebotakan atau kerontokan rambut di kulit kepala, ada baiknya kita mengetahui apa yang menyebabkan ini semua bisa terjadi. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kerontokan rambut atau kebotakan pada pria dan wanita.

Penyebab kebotakan pada wanita

.

Rambut ibarat mahkota bagi wanita, dan itu memang benar. Salah satu yang memutuskan seorang pria suka pada wanita adalah saat melihat rambutnya. Lantas bagaimana jika ada wanita yang mengalami kerontokan rambut. Apa yang menyebabkan rambut di kulit kepala wanita berguguran.

Beberapa faktor yang menyebabkan rambut rontok atau kebotakan pada wanita adalah menopause, gangguan hormonal, gangguan emosional, infeksi, efek samping obat, kehamilan, persalinan, kurang asupan gizi, dan lain-lain.

Penyebab kebotakan pada pria

.

Selain wajah, bentuk tubuh, perilaku (dan uang mungkin), salah satu daya tarik pria terhadap wanita adalah rambutnya. Sebagian wanita suka dengan tatanan rambut pria yang rapi. Tapi ada juga sebagian lagi yang suka terhadap pria berkepala botak atau plontos. Jadi untuk kaum Adam tenang saja, selama kita sayang dan mencintai wanita dengan tulus dan setia, wanita tersebut bisa menerima kita apa adanya kok, hehe.

Beberapa faktor yang menyebabkan kebotakan pada pria adalah Usia, genetik atau turunan, stress, gangguan fungsi hormon, dan lain-lain.

Cara mencegah dan mengobati kebotakan

.

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab kerontokan rambut atau kebotakan, mungkin kita bisa melakukan tindakan pencegahan agar kerontokan rambut tidak terjadi dan mungkin bisa menumbuhkan kembali rambut yang rontok di kepala. Langkah kemudian yang bisa diambil adalah dengan mengobati, memulihkan, dan menumbuhkan lagi rambut yang rontok di kulit kepala.

Untuk penyebab kerontokan rambut yang bersifat medis, akan lebih baik menggunakan cara  dan bantuan medis dalam pencegahan nya. Sedangkan kerontokan yang bersifat individual seperti stress, gangguan emosional, dll, pencegahan awal yang bisa dilakukan adalah dengan lebih menenangkan diri, rileks. Buatlah waktu yang menyenangkan bersama keluarga.

Dengan teknologi yang semakin maju, beberapa metode medis menumbuhkan rambut di kulit banyak dilakukan baik orang biasa maupun kalangan artis. Metode menumbuhkan rambut yang lagi trend saat ini sebut saja metode tanam rambut, laser, dan metode menggunakan obat medis. Namun semua metode tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit dan tidak cukup dilakukan dengan sekali treatment saja. Perlu perawatan rutin untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

Cara dan obat alami penumbuh rambut

.

Buat kita yang ingin menumbuhkan kembali rambut di kulit kepala kita, ada beberapa cara alami yang dipercaya bisa menumbuhkan kembali rambut di kulit kepala dan tidak memerlukan biaya yang yang banyak. Hanya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam pengobatannya.


1. Kemiri.
Buah kemiri sudah dipercaya secara turun temurun untuk menumbuhkan (kembali) rambut yang rontok. Caranya menggunakan nya bakar buah kemiri sampai mengeluarkan minyak. Setelah itu oleskan minyak kemiri kebagian kulit kepala yang botak. Jika kita tidak ingin repot, sekarang sudah banyak tersedia minyak kemiri dalam kemasan yang bisa dibeli di apotek atau toko obat dengan harga yang relatif murah. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

2. Lidah Buaya.
Yang saya maksud disini adalah tanaman lidah buaya ya dan bukan lidahnya buaya apalagi buaya darat. Untuk menggunakannya, ambil daging bagian dalam lidah buaya dan oleskan ke bagian kulit kepala yang botak. Diamkan sampai kandungan lidah buaya meresap ke kulit kepala, setelah itu cuci dan bilas kepala hingga bersih. Lakukan dengan teratur untuk hasil maksimal.

3. Tonik Rambut.
Walaupun tidak tergolong cara alami namun tonik rambut dibuat dari ramuan tanaman yang bisa merangsang aktivitas dan menyehatkan akar rambut. Selain itu, harga sebotol tonik rambut relatif murah dan bisa diperoleh di apotek terdekat disekitar rumah kita. Pergunakan tonik rambut sesuai dengan aturan pakai untuk hasil maksimal.

Dan masih ada beberapa cara lainnya yang bisa mencegah dan mengobati kerotokan rambut atau kebotakan di kepala yang mungkin belum saya sebutkan. Terlepas dari itu semua, artikel ini hanya bertujuan sebagai tambahan informasi, bukan semacam konsultasi dokter yang wajib anda ikuti. Berkonsultasi dengan dokter spesialis adalah solusi terbaik untuk mencegah dan mengobati kerontokan rambut di kulit kepala.
Reviewer: Mas Dory
on: 12/25/2014, Rating: 5
ItemReviewed: Cara Mencegah Rambut Rontok
Descripton: Blog Mas Dory - Cara mencegah rambut rontok. Beberapa penyebab, pencegahan awal dan obat untuk mengatasi kebotakan dan rambut rontok.
3 komentar Form Kotak komentar
25 December, 2014 17:48 ×

Nah Lidah buaya nih, saya kadang pakai. Selain untuk kepala, lidah buaya juga bisa dijadikan makanan.

Balas
Author
25 December, 2014 17:55 ×

Wah baru tahu saya mas kalau lidah buaya bisa dimakan juga. Kalau untuk rambut saya dulu sering pakai minyak kemiri (saat masih SMA) untuk numbuhin jenggot. Saat itu biar kelihatan keren saja. :D

Balas
Author
26 December, 2014 15:05 ×

Rasa lidah buaya enak kalau dimakan. Persis yang dagi putih di dalamnya yang dimakan.

Balas
Author

Silahkan tambahkan komentar anda di bawah ini.

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih sudah berkomentar