Belajar dari Kesalahan, Bangkit dari Kekalahan

Blog Mas Dory - Belajar dari Kesalahan, Bangkit dari Kekalahan. Pepatah mengatakan tiada gading yang tak retak, begitu juga kita sebagai manusia. Tidak ada manusia yang tidak pernah salah, dan tidak ada manusia yang tidak pernah kalah dalam hidupnya. Semua manusia pernah mengalami kekalahan dalam hidup. Ini bukan tentang perang melawan orang atau bangsa lain. Ini tentang perang melawan diri kita sendiri. Ini semua tentang bagaimana kita bisa belajar dari kesalahan yang pernah kita lakukan dan kekalahan yang pernah kita alami. Secara kodrat, kita di anugerahi untuk melakukan itu semua. Bahkan sejak bayi pun insting untuk belajar sudah ada dalam diri kita. Artikel ini sebenarnya ditujukan untuk diri saya pribadi yang telah melakukan banyak kesalahan selama hidup ini.

Cuaca mendung menyertai saat saya membuat artikel ini. Membuat semakin teringat bahwa selama ini saya telah mengalami banyak sekali kekalahan. Hanya sedikit tindakan perbaikan yang telah saya lakukan. Dan ini sama sekali tidak cukup untuk membuat saya bangkit.

Bayi saja belajar | Blog Mas Dory

Mungkin keegoisan telah membuat saya menutup diri untuk belajar dari pengalaman orang yang lebih senior dari saya. Saya terus bertanya dalam diri sendiri, bukankah jika kita belajar dari pengalaman orang lain, akan membuat kita selalu menjadi ekor karena kita selalu mengikuti jejak orang tersebut.

Sesaat kemudian, saya juga berpikir saat melihat dua hp di meja saya Samsung dan Blackberry. Keduanya memiliki fungsi utama yang sama, yaitu sama-sama bisa buat telepon dan sms (jika ada pulsanya pastinya). Namun keduanya memiliki tampilan dan stylenya masing-masing. Hanya karena mempunyai fungsi utama yang sama, tidak lantas membuat satu sama lain saling mengekor. Keduanya mempunyai tempat istimewa di hati pengguna nya. Dan mungkin tidak ada pengguna yang bilang Samsung nomor 2 setelah Blackberry, ataupun Blackberry nomor 2 setelah Samsung.

Dari satu contoh pemikiran kecil tersebut saya berpendapat bahwa belajar dari kesalahan dan pengalaman orang lain tidak lantas membuat kita selalu menjadi nomor dua dalam hidup. Masing-masing dari kita punya gaya atau style masing-masing dalam menjalani hidup. Walupun tujuan utama kita tetap sama di ujungnya, menjadi manusia yang lebih baik setiap saat.

Bagi saya awali dengan berdo'a, berpikir, bertindak, evaluasi, dan kembali berdo'a mungkin bisa mendekatkan kita dalam memperbaiki kesalahan dan bangkit kembali dari kekalahan yang telah kita alami. Dan diharapkan dengan memperbaiki ini semua bisa mendekatkan kita dengan apa yang kita inginkan.

Selalu ada pelajaran yang bisa diambil, baik itu dari kisah hidup kita, ataupun pengalaman orang lain. Semua pelajaran akan menjadi baik jika kita menerima dan menjalankannya secara baik. Begitu pula sebaliknya akan menjadi jelek jika kita salah dalam memahami nya.

Entah apakah anda bisa mengambil pelajaran dari apa yang salah tulis ini, atau mungkin anda menganggap saya terlalu dangkal dalam menyimpulkan ini semua. Saya tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Namun saya akan sangat berterima kasih jika anda menambahkan apa yang ada dalam pikiran anda setelah membaca artikel ini di dalam kotak komentar dibawah ini. Harapan saya semoga yang sedikit ini bisa berguna buat diri saya pribadi pada khususnya, dan berguna buat anda sekalian.
Reviewer: Mas Dory
on: 12/27/2014, Rating: 5
ItemReviewed: Belajar dari Kesalahan, Bangkit dari Kekalahan
Descripton: Blog Mas Dory - Belajar dari kesalahan, bangkit dari kekalahan.
19 komentar Form Kotak komentar
27 December, 2014 16:46 ×

Ia Mas, Bener banget semua orang mempunyai kesalahan masing-masing dan juga kekalahan juga. Namun kita tidak seharusnya larut dalam semua itu. Dan semua orang pasti bisa bangkit bila berusaha. Salam kenal mas dari saya ini komentar pertama di blog mas Dory. sukses buat mas, Terimakasih.

Balas
Author
27 December, 2014 17:26 ×

Iya mas terima kasih atas kunjungan perdananya ya Mas Mu Zibur, salam persahabatan saya untuk mas. :D

Balas
Author
27 December, 2014 18:56 ×

Memang seharusnya manusia harus bisa mengoreksi diri sendiri dan juga mampu mengatasi segala permasalah, tidak selama orang kalah itu selalu kalah, tidak selamanya orang salah itu selalu salah,,,,setiap masalah ada jalan keluarnya, setiap kekalahan ada jalan peluang kemenangan, bangkitkan diri anda sendiri untuk menjadi lebih baik dan lebih baik, pengalaman dijadikan penyamangat untuk bangkit kedepan, nice info gan,,,,

Balas
Author
27 December, 2014 19:18 ×

Memang benar pengalaman adalah guru terbaik buat kita dan terus memperbaiki diri demi kehidupan kita yang lebih baik. Terima kasih atas tambahan nya Mas Purnama. :d

Balas
Author
27 December, 2014 19:52 ×

sangat menginspirasi dan memotivasi sekali artikel nya mas... terima kasih dan selamat malam...

Balas
Author
27 December, 2014 20:07 ×

Terima kasih atas apresiasi Mas Wicky, saya sangat menghargainya. Salam persahabatan buat mas. :d

Balas
Author
27 December, 2014 21:51 ×

tentunyaa beljar dari kesalahan itu sangatlah penting buat hdup kita lebih baik untuk kedepannya. jadikan penglaman sbagai cerminan menju masa depan yang indah..

Balas
Author
27 December, 2014 22:09 ×

Benar sekali mas Hary Wardiansyah, belajar dan terus belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan akan membuat hidup lebih baik. Terima kasih tambahan motivasinya mas. :d

Balas
Author
27 December, 2014 23:44 ×

Semangat, walaupun sudah berbuat salah, setidaknya kadang kita ada kesempatan untuk memperbaikinya.

Balas
Author
28 December, 2014 05:36 ×

Kesalahan sering membuat kita kalah dalam melawan diri sendiri..Itu hampir dialami oleh semua orang, juga termasuk saya sendiri. Oleh sebab itu motto mas Dory cocok sekali untuk belajar dan bangkit kembali...Nice share....

Balas
Author
28 December, 2014 13:47 ×

Hehe terima kasih atas dukungan spirit yang mas Ridha Harwan berikan. Kesempatan untuk memperbaiki diri akan senantiasa ada selama kita masih bernafas. Hanya saja semua ini tergantung apa kita mau menggunakan kesempatan itu atau tidak. :d

Balas
Author
28 December, 2014 13:57 ×

Terima kasih atas apresiasi Pak Uda Awak. Bahkan tokoh penting dunia seperti Thomas Alfa Eddison sendiri melakukan 10.000 kesalahan sebelum membuat bohlam lampu benar-benar menyala.

"Saya telah menemukan 10.000 cara untuk membuat bohlam lampu ini tidak menyala, saya hanya perlu satu cara lagi untuk membuatnya benar-benar menyala."

Mungkin kurang lebihnya seperti itu. Suatu kehormatan bagi saya bisa bersahabat dengan Pak Uda Awak.

Balas
Author
29 December, 2014 08:05 ×

Belajar dari kesalahan tentu akan memberikan hikmah tertentu ya mas, salah satunya adalah tidak akan mengalami kesalahan kedua kalinya dalam lubang kesalahan yang sama :D

Balas
Author
29 December, 2014 08:13 ×

Benar sekali Mas Ibrahim M. Pd. I, melakukan kesalahan yang sama dua kali, sama dengan kita tidak bisa mengatasi permasalahan yang sama di waktu yang berbeda. Dan ini akan merugikan kita (waktu yang terbuang untuk menghadapi permasalahan tersebut). Terima kasih mas atas Tambahan yang sangat berarti untuk saya. :D

Balas
Author
29 December, 2014 12:33 ×

Bener mas, kesalahan masa lalu memang bisa dijadikan pelajaran buat ke depannya. Makanya ada ungkapan "Pengalaman adalah guru yang terbaik".
Nice article, mas Dory :)

Balas
Author
29 December, 2014 19:27 ×

Iya saya sependapat dengan mas Renggo Starr, Pengalaman adalah guru terbaik buat kita. Khusunya buat saya. Terima kasih atas kunjungan dan dukungannya mas. :)

Balas
Author
29 December, 2014 20:14 ×

Kayaknya sih tema tulisan ini hampir sama dengan suasana tulisan saya yang sebelumnya juga, atau mungkin yang baru-baru ini.

Balas
Author
29 December, 2014 20:35 ×

Tema yang mana ya Mas Ridha Harwan ?, kalau saya membuat artikel ini setelah berkunjung di matrapendidikan milik Pak Uda Awak.

Saya melihat beliau sangat aktif setiap harinya dengan situs beliau. Padahal usia beliau jauh lebih senior dari saya. Saya sangat kagum dengan semangat yang dimiliki Pak Uda Awak. Itulah yang menginspirasi saya membuat tulisan ini. :d

Balas
Author
13 February, 2016 00:13 ×

Lebih baik belajar dari pengalaman orang lain daripada kita hrs mengalami kesalahan lebih dulu.

Balas
Author

Silahkan tambahkan komentar anda di bawah ini.

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih sudah berkomentar