6 Elemen Penting dalam Perusahaan

Blog Mas Dory - 6 Elemen penting dalam perusahaan (Pertambangan). Kali ini saya coba berbagi informasi elemen-elemen apa saja yang paling berpengaruh dalam kesuksesan suatu perusahaan. Karena saya kerjanya di pertambangan batu bara, mungkin kedengarannya hanya mencakup ruang lingkup pertambangan saja. Namun tidak demikian, 6 elemen ini bisa berada di perusahaan yang bergerak di bidang apapun. Mungkin informasi ini akan sedikit berguna buat anda yang hendak memulai menjalankan perusahaan sendiri. Setidak-tidaknya bisa meningkatkan semangat kita saat bekerja. Saya tidak akan berpanjang lebar dalam hal ini. Saya buat informasi ini singkat, padat, dan , sarat makna.

Berikut ini 6 elemen penting dalam suatu perusahaan.
1. Pemimpin mengendalikan perusahaan.
Pemimpin adalah inti kesuksesan sebuah perusahaan. Begitu banyak penelitian mengkonfirmasi hal ini. Penelitian- penelitian itu secara meyakinkan menyimpulkan bahwa organisasi bisnis yang kokoh dan sustainable selalu didukung oleh para pemimpin yang mumpuni. Para pemimpin ini tak hanya terkonsentrasi di jajaran puncak organisasi, tapi collective leaders yang tersebar merata di seluruh tingkatan organisasi.

Bahkan banyak ahli mengatakan bahwa tugas hakiki organisasi adalah menjadi pabrik pemimpin / memproduksi sebanyak mungkin pemimpin di seluruh organisasi. Melatih, membina para kader atau karyawan sangat lah mahal. oleh karena itu, jangan pernah melepas karyawan yang mempunyai potensi untuk menjadi leader dalam team.

Ilustrasi Mas Dory saat difoto

2. Memperkuat nilai-nilai perusahaan.
Perusahaan yang sustainable memang membutuhkan strategi yang mumpuni, kepemimpinan yang tangguh, sistem yang rapi serta orang orang yang terampil dalam menjalankan bisnis. Namun semua hal tersebut harus dibangun di atas landasan nilai nilai budaya perusahaan yang kuat, karena inilah yang merekatkan semua elemen elemen tersebut dalam bingkai yang sama. Value yang kuat akan menjadi pondasi yang kokoh bagi keberlangsungan perusahaan.

3. Kekuatan dan kekompakan team yang terus bersinergi.
Kekuatan dan kekompakan team yang terus bersinergi dalam tujuannya memajukan suatu perusahaan. Secara mudah sinergi sering digambarkan dengan rumusan 1 ditambah satu hasilnya lebih dari dua, artinya penggabungan beberapa elemen akan membentuk hasil yang lebih besar dari penjumlahan elemen elemen yang membentuk tersebut. Hasil yang diperoleh perusahaan dari team yang benar-benar solid akan jauh lebih besar dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki team tidak solid. Walaupun keduanya memiliki jumlah personil yang sama, jam kerja yang sama, namun hasilnya bisa sangat berbeda.
Ilustrasi kekompakan team di blog mas dory

4. Eksekusi - lakukan yang terbaik sekarang juga dan terus lakukan.
Banyak teori dan konsep mengenai manajemen berkutat pada perencanaan (planning) dan strategi (strategy) perusahaan. Namun sehebat apapun perencanaan dan strategi yang dibuat oleh perusahaan tidak akan ada artinya tanpa eksekusi yang baik. Lakukan sekarang juga dan terus lakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, baik itu untuk kantor, maupun dilapangan.

5. Semangat sang juara.
Untuk menjadi pemenang ( juara 1 ) tentu tidaklah sulit jika kita mempunyai semangat untuk menjadi pemenang. Jika kita melakukan sesuatu hanya sekedar mendapatkan predikat baik, maka mind set atau pola pikir winning spirit belum terdapat dalam diri kita. Jadilah yang terbaik dengan melakukan yang terbaik pula.

6. Keseimbangan, kejujuran dan rasionalitas.
Sesuai dengan filosofi yin-yang, sesuatu sering kali membutuhkan pasangan agar tercapai keseimbangan. Siang berpasangan dengan malam, panas dengan dingin, kuat dengan lembut, dst. Di dunia bisnis, semangat menjadi juara (champion spirit) yang tidak terkendali akan menjadikan munculnya ketidakseimbangan, dengan dampak saling menjatuhkan, dan persaingan yang tidak sehat. Menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan bersikap rasionalitas dalam bersaing sangat diperlukan guna tercapainya keseimbangan dalam persaingan usaha.

Nah bagaimana, sangat singkat bukan. Mudah-mudahan informasi singkat ini bisa menjadi inspirasi untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik.
Reviewer: Mas Dory
on: 12/23/2014, Rating: 5
ItemReviewed: 6 Elemen Penting dalam Perusahaan
Descripton: Blog Mas Dory - Memahami elemen penting yang mempengaruhi kesuksesan suatu perusahaan pertambangan.
9 komentar Form Kotak komentar
23 December, 2014 23:07 ×

Menarik nih pembahasannya. Btw, mas kerja di tambang mana? PT Pama?
Nanya aja mas. Dulu saya pernah ikut test Pama, tapi ga lolos. Hehe, maap curhat.

Balas
Author
23 December, 2014 23:18 ×

Tidak pernah di PAMA mas Renggo, hanya perusahaan-perusahaan tambang kecil saja. Hobi saya juga sering berpindah-pindah perusahaan dan lokasi, mulai dari kolaka sulawesi tenggara, Batulicin Kalimantan selatan, Samarinda Kaltim, Tamiyang layang Kalteng. Lho lho kok malah giliran saya yang ndongeng. Hehe maaf mas kalau diteruskan masih banyak lokasi lainnya. :D

Balas
Author
24 December, 2014 06:03 ×

Kenyang pengalaman nih, hehe.
Mungkin ini kali ya yang disebut hobi menjadi pekerjaan: hobi pindah2 tempat kerjaan. *dikeplak*

Balas
Author
24 December, 2014 07:59 ×

kira2 saya bisa jadi pengusaha gak ya bos?,,,,,walaupun gak bisa jadi pengusaha perusahan minimal pengusaha blog ya gan,, wakakakakak

Balas
Author
24 December, 2014 13:11 ×

@Renggo Starr Tidak juga mas, usia masih muda jadi terlalu dini untuk bilang kaya pengalaman. Masih banyak potensi dalam diri yang harus digali demi masa depan yang lebih baik. hehe

@Purnama pendapat saya malah bilang kalau mas Purnama ini sudah jadi pengusaha. Karena definisi pengusaha sendiri menurut saya adalah orang yang berhasil memaksimalkan apa yang dimilikinya untuk memperoleh apa yang di inginkannya dengan cara yang sehat. Mas kan punya blog, dan berusaha memaksimalkan blognya untuk mendapatkan apa yang mas inginkan. hehe

Balas
Author
25 December, 2014 17:49 ×

Kalau antar pemimpin dan karyawan bersinergi, maka perusahaan ini mungkin akan tidak sulit mencapai target perusahaannya.

Balas
Author
26 December, 2014 14:55 ×

Apa yang diutarakan di atas memang betul mas, karena kerja di lapangan kondisi badan dan kondisi mental harus kuat berbeda lagi kalau kerja didalam kantor.

Tapi bukan berarti mudah, karena pada dasarnya punya tanggungjawab masing-masing.

Balas
Author
26 December, 2014 15:45 ×

@Ridha Harwan itulah intinya mas, selain menimbulkan lingkungan kerja yang nyaman, aman dan sehat untuk seluruh karyawan baik itu pimpinan dan anak buahnya, juga berdampak positif terhadap hasil atau target yang ingin dicapai perusahaan.

@Muhammad Adam Hussein Senang rasanya mas Adam sependapat dengan saya. Kerja dilapangan dan dikantor memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dilapangan memang capek, namun setelah jam kerja selesai, badan dan pikiran pun bisa istirahat. Dikantor memang kelihatannya nyantai, namun jika jam kerja selesai, pikiran dan badan harus tetap fokus untuk pekerjaan yang belum atau akan dikerjakan esok hari. Kedua team harus saling bersinergi agar tercapai target yang dinginkan.

Percayalah saya sudah mengalami keduanya, baik itu sebagai orang lapangan, ataupun kerja dikantor. Itu kenapa saya bisa bilang hal seperti itu. :D

Balas
Author
28 June, 2015 14:04 ×

mantap, thx ya

Balas
Author

Silahkan tambahkan komentar anda di bawah ini.

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih sudah berkomentar